All-new Toyota Rush Raih 5 Bintang ASEAN NCAP Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Toyota Rush Raih 5 Bintang ASEAN NCAP

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 23 November 2017

Foto: All-new Toyota Rush Raih 5 Bintang ASEAN NCAP

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan all-new Toyota Rush dengan improvement di berbagai sektor. Indonesia sebagai negara pertama di dunia yang menerima model baru Rush.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM menjelaskan, sebelum dikenalkan di Indonesia, mobil sudah menjalani test crash secara internal dan spesifikasinya menyesuikan 5 bintang ASEAN NCAP meliputi Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP).

Hasil tersebut dampak penggunaan dari fitur-fitur keselamatan seperti airbag 6 titik, Vehicle Stability Control (VSC) (semua tipe). Pantas untuk diingat, hasil tersebut lebih baik dari hasil crash test pada Toyota Rush model lawas di mana hanya meraih 4 bintang.

"Hasil crash test meraih 5 Bintang ASEAN NCAP, sudah dites (internal)," kata Soerjo.

Selain dua fitur di atas, all-new Rush juga menyimpan 7-penumpang 7-seater, ABS, Hill Start Assist dan EBS yang tersedia pada tipe G dan TRD Sportivo. Lantas bagaimana harga all-new Toyota Rush?

Kehadirannya menjelang tutup 2017, ternyata menyimpan pertanyaan berapa harga jual Rush model baru. Jika tidak ada halangan, Toyota Indonesia secara resmi akan mengumumkan harga all-new Rush di awal 2017.

Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT TAM sedikit memberikan bocoran bahwa akan ada kenaikan harga sekitar Rp 3 jutaan untuk all-new Toyota tipe G dan TRD Sportivo dari model sebelumnya.

"Dibandingkan model lama, kami harapkan ada kenaikan harga sekitar Rp 3 juta," kata Nakata-san. Toyota Rush sebelumnya dijual dengan harga mulai Rp 239,9–Rp 267,85 juta (on-the-road Jakarta).

Terkait masalah harga, Soerjo menjelaskan jika tipe tertinggi Rush (TRD Sportivo A/T) nantinya akan dijual tak sampai Rp 270 juta. Artinya ubahan drastis pada Rush tidak dimanfaatkan Toyota untuk merauk keuntungan besar.

Sementara kelebihan lain adalah jantung penggeraknya yang ikut berubah. Toyota Rush menggunakan mesin baru yakni 1.5-liter 2NR-VE 4-silinder 16 Valve DOHC Dual VVT-i yang sama dengan Toyota Avanza. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed untuk membantu menyalurkan tenaga 104 Ps dan torsi 13,9 Kgm kepada kedua roda belakang. [Ikh]


Komentar