All-new Mitsubishi Triton Gunakan Identitas Dynamic Shield Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Mitsubishi Triton Gunakan Identitas Dynamic Shield

Denny Basudewa
pada 17 September 2018

Foto: All-new Mitsubishi Triton

TOKYO – Mitsubishi Motors segera meluncurkan generasi terbaru dari Mitsubishi Triton yang telah memasuki usia empat puluh tahun.

Sejak pertama kali diluncurkan 40 tahun silam, kendaraan jenis pick-up Mitsubishi tersebut diberi nama Forte atau L200 di beberapa negara. Pickup ini hadir sebagai kendaraan yang memiliki kemampuan luar biasa dalam hal daya angkut, pengendalian, utilitas, kenyamanan layaknya sebuah sedan.

Forte atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Triton memang dikembangkan sebagai kendaraan yang fun-to-drive. Kemudian popularitas pickup ini semakin menjadi dan diandalkan di berbagai negara dengan perbedaan suhu.

Triton Triton Gen 1

Triton juga dikembangkan menjadi kendaraan 4x4 yang tangguh di segala medan (1980). Pada akhirnya Triton menjadi sumber inspirasi dari terciptanya kendaraan penumpang Mitsubishi seperti Pajero/Montero dan Delica.

Mitsubishi memproduksi Triton generasi pertama di pabrik Laem Chabang, Thailand. Dengan kapasitas produksi hingga 400 ribu kendaraan, Triton diekspor ke seluruh dunia dari negeri Gajah Putih tersebut.

Pada 1986, Triton generasi kedua mulai diperkenalkan dengan tiga variasi bodi yakni single cab, club cab dan double cab. Pilihan mesinnya juga beragam meliputi 2.0-liter, bensin 2.6-liter dan diesel 2.5-liter dengan penggerak 2WD atau 4WD.

Triton Triton Strada

Triton generasi ketiga hadir dengan tambahan varian Strada pada 1995. Strada sendiri telah diperkenalkan terlebih dahulu untuk pasar Jepang pada 1991. Generasi ketiga ini dilengkapi dengan mekanisme 4WD yang lebih mudah digunakan.

Triton Triton Gen 4

Masuk ke generasi keempat, Mitsubishi Triton diperkenalkan pada Agustus 2005. Pengembangannya kali ini terdapat pada sektor mesin. Mesin diesel yang ditawarkan kini telah dilengkapi dengan teknologi common-rail.

Lalu setelah sembilan tahun melanglang buana, Mitsubishi Triton hadir kembali pada November 2014 dengan sejumlah penyempurnaan. Generasi kelima dari Triton tersebut menggunakan pilihan mesin 2.4-liter MIVEC Turbo. Sementara sistem transmisi 4WD mengadopsi electronic actuator.

Triton Triton Gen 5

Kini pickup Mitsubishi tersebut akan memasuki babak baru. All-new Mitsubishi Triton akan hadir tentunya dengan sejumlah penyegaran. Jika dilihat dari teaser foto yang disebarkan, terlihat kendaraan tangguh dari Mitsubishi tersebut menggunakan tampilan depan khasnya yakni Dynamic Shield. [Dew/Ari]


Komentar