All-new Mazda MX-5 Kini Dapat Melaju Lebih Cepat Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Mazda MX-5 Kini Dapat Melaju Lebih Cepat

Adi Hidayat
pada 22 Oktober 2018

Foto: All-new Mazda MX-5 Kini Dapat Melaju Lebih Cepat

JAKARTA – All-new Mazda MX-5 kini hadir dengan mesin yang lebih bertenaga dibanding sebelumnya.

Sportscar yang merupakan salah satu ikon Mazda di dunia ini mendapat upgrade dari sisi mesinnya. Meski masih menggunakan mesin lama yaitu Skyactiv-G 2.0, namun perfoma yang ditawarkan telah jau berbeda.

Sejumlah pengembangan dilakukan pada mesin ini sehingga tenaga yang dihasilkan meningkat 12,8 hp menjadi 180 hp. Demikian pula torsi maksimal yang sebelumnya hanya 200 Nm meningkat menjadi 205 Nm.

Penambahan performa tersebut tidak lepas dari peningkatan putaran mesin maksimal menjadi 7.500 rpm (sebelumnya 6.800 rpm), sehingga membuat tenaga puncak 180 hp bisa didapat di 7.000 rpm. Sementara itu, puncak torsi 205 Nm kini justru dapat dicapai pada putaran mesin lebih rendah, yaitu 4.000 rpm, dibandingkan sebelumnya yang 4.600 rpm.

Untuk mendapat penambahan perfoma tersebut, Mazda pelakukan beragam pengembangan. Mereka kini menggunakan piston dan connnecting rods yang lebih ringan, injeksi bahan bakar bertekanan lebih tinggi serta desain ulang saluran intake. Flywheel baru juga digunakan untuk memberikan respon mesin lebih cepat dan sistem saluran pembuangan baru. Mazda masih mempertahankan transmisi otomatis 6-speed dengan rasio gear final yang lebih pendek.

Sementara untuk meningkatkan keselamatan berkendara, Mazda MX-5 juga telah mendapatkan teknologi i-Activesense. Dalam teknologi tersebut terdapat beberapa fitur keselamatan seperti  Adaptive LED Headlight (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Tidak ada pengubahan signifikan dari sisi eksterior kendaraan. Namun Mazda kini menghadirkan velg desain baru berukuran 17 inci dengan balutan warna Black Glossy yang menjadikan tampilannya semakin sporty. Di bagian dalam, Mazda kini memberikan sistem kemudi teleskopik untuk pertama kalinya pada MX-5. Mazda juga memastikan ada pengurangan kebisingan akibat angin, setelan tempat duduk yang lebih mudah serta pintu lebih mudah dibuka.

Untuk harga, Mazda MX-5 dibanderol Rp 799,8 juta dan hadir dengan beberapa pilihan warna yaitu Snowflake White Pearl Mica, Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic. Khusus untuk Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal Metallic pelanggan harus menambah biaya sebesar Rp 4 juta. [Adi/Ari]


Komentar