All-new Hyundai Sonata 2020 Sensasional Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Hyundai Sonata 2020 Sensasional

Ary Dwinoviansyah
pada 06 Maret 2019

SEOUL - Hyundai Sonata model 2020 ini semakin eksotis dengan desain baru yang disertai pengubahan pada struktur bodinya. 

All-new Hyundai Sonata bakal memberikan impresi berbeda saat tampil pertama kalinya di Geneva Motor Show 2019. Apalagi, generasi ke-8 Sonata ini mengusung bahasa desain baru Hyundai yaitu Sensuous Sportiness. Ini merupakan perwujudan harmonisasi dari empat elemen, meliputi proporsi, arsitektur, style serta teknologi. 

Salah satu kekuatannya terlihat jelas pada pengaplikasian garis berlapis pada tubuh. Bentukan garis-garis cekung da cembung pun turut diterapkan guna menonjolkan kesan seksi dari sebuah coupe. Hal tersebut diperlihatkan secara jelas oleh Hyundai pada bagian muka. Dipadu pula dengan pemberian cascading grille yang seolah menyatu dengan kap mesin.

Hyundai juga menerapkan desain tak lazim pada bagian depan. Di mana aksen krom sebagai pembatas kap mesin dengan bodi samping, sudah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL) LED. Lampu ini kemudian diselaraskan bentuknya mengikuti DRL pada lampu utama. Jika menyala dalam kondisi gelap, cahayanya akan terlihat dramatis. 

Tak hanya mengubah desain, pihak pabrikan juga turut melakukan beberapa ubahan. Seperti penambahan wheelbase sepanjang 35 mm, panjang 45 mm, lebar 25 mm hingga membuatnya lebih rendah 30 mm dari generasi Sonata sebelumnya. 

Arsitektur baru juga dilakoni pada sisi interior. Tak tanggung, mereka mengklaim desainnya seperti pesawat siluman Stealth. Wajar jika bagian ini dibuat lebih modern. Apalagi, konsep itu diperkuat dengan penggunaan dashboard seperti kokpit pesawat yang lebih rendah, warna serta bahan pelapis jok anyar, monitor layar sentuh dan diperkaya pula dengan aksen krom satin.

"Sonata mengedepankan siluet inovatif seperti coupe. Overhang pendek, garis atap miring dan dek yang rendah sehingga tercipta keseimbangan. Aksen krom khas Hyundai juga kini ada di kap mesin, membuatnya lebih panjang. Ini merupakan isyarat dalam menghidupkan desain Sensuous Sportiness," ungkap Yup Lee, Vice President and Head of the Hyundai Design Center. [Ary/Ari] 


Komentar