All-new Hyundai Elantra 2021 Tampangnya Bengis Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Hyundai Elantra 2021 Tampangnya Bengis

Denny Basudewa
pada 19 Maret 2020

Foto: all-new hyundai elantra

LOS ANGELES – Hyundai akhirnya secara resmi menunjukkan wujud all-new Elantra 2021 dengan pilihan varian hybrid.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, all-new Elantra 2021 hadir dengan wujud yang sepenuhnya berbeda. Tidak hanya itu, sedan kupe ini mengusung berbagai teknologi terkini dan bahkan menjadi yang pertama di segmennya. Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini membuka selubung produk terbarunya melalui siaran live streaming karena virus corona yang tengah merajalela.

All-new Elantra dikatakan merupakan proyek ambisius Hyundai. Maka dari itu fitur-fitur serta desain yang diusung kendaraan ini sarat teknologi pintar. Sedan coupe empat-pintu ini disebut-sebut menawarkan pengendaraan nan dinamis dan paling progresif di kelasnya.
All-new Elantra 2021 ini merupakan generasi ketujuh. Dimensinya bertambah lebar namun atapnya lebih pendek karena mengejar kesan kupe dan jarak sumbu rodanya diperpanjang dari sebelumnya. Sedan yang bernama Avante di negara asalnya yakni Korea Selatan, dicetak dengan menggunakan mesin-mesin berteknologi inovatif.

Salah satu pengembangan pada mobil ini adalah tersedianya fitur konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Namun yang dijejalkan pada kendaraan ini sangat berbeda dari biasanya, karena tidak dibutuhkan kabel lagi untuk mengkoneksikan smartphone dengan sistem audio kendaraan, alias wireless.
Perangkat lainnya yang tidak kalah inovatif adalah fitur digital key sebagai opsi untuk para calon konsumen All-new Elantra 2021. Dengan fitur ini penggunanya tidak lagi membutuhkan kunci fisik, namun dapat mengandalkan smartphone dan NFC Card.

Elantra juga telah dipersenjatai fitur voice recognition system. Fitur ini dikatakan mampu menjalankan perintah suara dan mendeteksi arti dari perintah. Artinya meskipun perintah yang diucapkan tidak terlalu jelas, namun komputer di dalamnya sudah bisa mencerna kemudian menjalankan perintah.

“Sementara pabrikan-pabrikan mobil lainnya tidak lagi melihat sebuah mobil dari sisi bisnis, kami menggandakannya dengan menawarkan model yang serba baru. Kami juga menawarkan Elantra mesin bensin dan hybrid,” ucap Brian Smith, Chief Operating Officer Hyundai Motor America.

Hyundai dikatakan telah menjual Elantra di AS sebanyak 3.4 juta unit. Sementara di seluruh dunia, kendaraan ini telah terjual sebanyak 13.8 juta unit hingga saat ini.

All-new Hyundai Elantra 2021 ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Untuk varian mesin bensin, mengandalkan 2.0-liter Atkinson Cycle yang bisa menyemburkan daya sebesar 147 hp pada 6.200 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 179 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai Elantra hybrid disokong mesin 1.6-liter empat-silinder dan dipadankan dengan motor listrik 32 kW dan 1.32 kWh baterai lithium-ion di bawah jok penumpang. Sehingga hasil daya maksimum mobil hybrid ini sebesar 139 hp dan torsinya 264 Nm.

Untuk varian mesin bensin, disandingkan dengan sistem transmisi intelligent variable transmission. Sementara untuk versi hybridnya dijodohkan dengan transmisi enam-percepatan dual-clutch.

All-new Hyunda Elantra 2021 merupakan kendaraan yang diproduksi di pabrik mereka di Ulsan, Korea Selatan. Mobil ini baru akan diproduksi pada musim gugur dan mulai dipasarkan pada kuartal keempat 2020. [Dew/Idr]


Komentar