All-new Honda Jazz Standar Tetap Maksimal buat Balapan  Share this
Balap Lain
Mode baca

All-new Honda Jazz Standar Tetap Maksimal buat Balapan 

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 26 Maret 2018

Foto: All-new Honda Jazz di ISSOM 2018 (Foto: Ary Dwinoviansyah)

BOGOR - All-new Honda Jazz menjadi tunggangan andalan tim Honda Racing Indonesia di Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018. Meski ada bagian yang masih standar, tapi tetap bisa dimaksimalkan pembalapnya. 

Bertepatan dengan seri 1 ISSOM 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (25/3/2018), PT Honda Prospect Motor (HPM) bersama Honda Racing Indonesia memperlihatkan all-new Honda Jazz yang dipakai balapan tahun ini. 

Kesan sporty jelas terasa lantaran all-new Honda Jazz generasi terbaru ini sudah mengaplikasi grill serta bumper dan grill depan model baru. Bagian bumper belakang juga kian aerodinamis berkat penambahan diffuser. Tampilan secara keseluruhannya juga semakin dinamis dengan gaya livery anyar ala Honda Racing. 

Akan tetapi, ada yang menarik dari Honda Jazz yang dipakai pembalapnya yaitu Alvin Bahar. Di sektor mesin, mobil yang dipakainya berkompetisi di kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 MAX, jelas sudah mendapat banyak sentuhan. 

"Tapi, untuk kelas ini kruk as tidak boleh ganti, intake manifold juga harus standar dan throttle body tidak boleh lebih dari 60 mm," kata Alvin di paddock tim Honda Racing Indonesia. 

All-new Honda Jazz

Akan tetapi, pembalap senior ini mengaku performanya cukup mumpuni. Meskipun, Alvin mengaku best time-nya tahun ini sedikit lebih lambat dari catatan sebelumnya. 

"Tahun lalu, best time di 1 menit 51 detikan dan tahun ini baru ada di 1 menit 53 detikan. Itu karena ada part yang belum bisa dilengkapi seperti ring piston. Semoga sudah ada di seri 2 nanti, lanjut Alvin. 

Menurut Alvin, performa mesin Honda Jazz sudah sangat baik. Justru, dia lebih mengutamakan kelengkapan perangkat untuk mendukung handling all-new Honda Jazz di lintasan. 

"Saya butuh bias brake dan arm. Semoga seri 2 sudah bisa dipakai. Satu hal lagi yang menguntungkan buat saya memakai all-new Honda Jazz adalah setirnya. Lingkar setir yang ergonomis dan materialnya yang nyaman membantu saya mendapatkan handling. Jadi, tidak perlu ganti setir," pungkas Alvin. 

All-new Honda Jazz

Selain Alvin, Honda Racing Indonesia juga menyertakan Rio SB yang berkompetisi di kelas ITCC 1.500 dan Honda Jazz Speed Challenge. Berbeda dari mobil milik Alvin, all-new Honda Jazz tunggangan Rio malah hampir semuanya standar. Namun, Rio berhasil meraih podium kedua di kelas OMR Honda Jazz Speed Challenge. 

"Sejak dulu, DNA balap sudah menjadi bagian dari Honda yang diwujudkan dalam produksi mobil bertenaga, fun to drive dan cocok digunakan di sirkuit. Kami yakin kehadiran new Honda Jazz terbaru dapat mendukung performa tim Honda Racing Indonesia untuk meraih gelar juara tahun ini, " tutup Jonfis Fandy Marketing & After Sales Service Director PT HPM.[Ary/Ari]


Komentar