All-New Honda Jazz Dilengkapi 10 Airbag Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-New Honda Jazz Dilengkapi 10 Airbag

Denny Basudewa
pada 02 Mei 2020

Foto: Honda Jazz

BRACKNELL – Honda Jazz generasi terbaru kini hadir di Eropa, dilengkapi dengan fitur airbag lebih banyak.

Teknologi ini disematkan guna melindungi kepala dan dada dari pengendara saat terjadi kecelakaan. Pabrikan mobil asal Jepang ini juga menyematkan rangka Honda ACE dan bantuan pengendara Honda Sensing, guna mendukung penambahan airbag.

Di benua Biru tersebut, all-new Honda Jazz menjadi yang pertama di kelas hatchback dalam penggunaan teknologi airbag depan-tengah. Fitur keselamatan pasif ini menjadi modal utama Honda Jazz melawan para kompetitornya.

Airbag Front-Centre ditempatkan pada kursi belakang pengendara. Lalu airbag akan mengembang dan berada diantara pengemudi dan penumpang depan. Teknologi ini dikembangkan untuk mencegah adanya benturan di jok baris depan.

Guna mendapati posisi airbag yang presisi, Honda menggunakan tiga buat tether untuk memandu fungsi airbag. Selain itu mereka juga melakukan sedikit modifikasi pada jok depang untuk memaksimalkan proses berkembangnya airbag.

Selain fitur baru di atas, Honda juga melakukan pengembangan di bagian lain. Selain Pre-tensioner dan sabuk pengaman di kursi baris depan, mereka juga meninggikan posisi sandaran tangan di bagian tengah. Kombinasi tersebut diklaim mampu mereduksi cedera kepala sebesar 85 persen dan 98 persen pada penumpang depan.

Tambahan lain yang tidak kalah menarik adalah adanya airbag untuk penumpang belakang (Airbag i-side system). Sistem ini dipasangkan pada bantalan kursi belakang, untuk melindungi penumpang belakang saat terjadi benturan samping.

“Keselamatan penumpang adalah bagian paling penting bagi desainer kami ketika mengembangkan mobil baru. Kami benar-benar mendesain ulang Jazz generasi terbaru  sehingga bisa menggabungkan teknologi struktural terbaru, lalu bisa melindungi lebih maksimal,” kata Takeki Tanaka, Large Project Leader for Honda.

Airbag yang semakin komplit lebih melindungi pengendara dan penumpang juga didukung dengan pembenahan struktur rangka ACE. Dikatakan teknologi tersebut tidak hanya melindungi orang di dalam kendaraan, namun juga mampu meminimalisir dampak kepada kendaraan lain ketika terjadi tumbukan.

Honda Jazz untuk pasar Eropa ini sudah disematkan fitur keselamatan aktif Honda Sensing yang termasuk di dalamnya, City-Brake Active System (CTBA) sensor, Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Traffic Sign Recognition System, Intelligent Speed Limiter, Auto High-Beam, dan Blind Spot Information. [Dew/Idr]


Komentar