All-new Honda CBR600RR Dijual September 2020 Share this
Motor Baru
Mode baca

All-new Honda CBR600RR Dijual September 2020

Indra Prabowo
pada 24 Agustus 2020

TOKYO – All-new Honda CBR600RR akan dijual secara resmi pada 25 September 2020. Sportbike full fairing yang baru dikembangkan ini dibekali dengan mesin performa tinggi 600cc, 4-silinder segaris, DOHC, 4-stroke, PGM-DSFI.

Mesin Honda CBR600RR memuntahkan tenaga 89 kW atau 119 HP dan torsi 64 Nm. Untuk mencapai tenaga maksimum yang lebih tinggi ini, kecepatan mesin untuk mencapai daya maksimum ditingkatkan dengan mengganti bahan yang digunakan untuk komponen utama seperti camshaft dan crankshaft. Efisiensi intake dan exhaust juga ditingkatkan melalui berbagai langkah termasuk pembentukan kembali inlet port, pembesaran diameter lubang throttle, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot, serta pengubahan timing katup.

HONDA CBR600RR 2020

All-new Honda CBR600RR diperkaya dengan sejumlah teknologi control elektronik. Honda membekalinya dengan system estimasi perilaku kendaraan berbasis IMU (Inertial Measurement Unit). Dengan menggabungkan data perilaku kendaraan dengan ABS dan Honda Selectable Torque Control (HSTC), motor ini memberikan "kenikmatan bermanuver" sesuai dengan kondisi berkendara.  

Sementara sistem throttle-by-wire (TBW) di mana sensor posisi akselerator (APS) mendeteksi sudut bukaan pegangan throttle pengendara dan mengirimkan sinyal ke ECU. ECU kemudian mengirimkan sinyal penggerak ke motor TBW untuk mengontrol katup throttle. CBR600RR baru juga dilengkapi mode berkendara yang menggabungkan tingkat kontrol yang berbeda dari Power Selector, HSTC, Wheelie Mitigation Control dan Selectable Engine Brake. Pengendara dapat memilih nuansa berkendara yang sesuai dengan kondisi berkendara dan preferensi mereka.

Motor bertransmisi 6-speed ini dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti:

  • Pencahayaan full LED
  • Layar kristal-liquid berwarna thin film transistor (TFT)
  • Emergency Stop Signal system
  • Assist & slipper clutch dengan fungsi bantu yang membuat tuas kopling lebih ringan untuk ditarik dan fungsi slipper yang mengurangi lompatan roda belakang akibat pengereman mesin mendadak saat menurunkan gigi
  • Quick Shifter (opsional) dengan harga 26,950 yen (Rp 3,7 jutaan)

Konsumsi BBM (bahan bakar minyak) Honda CBR600RR 17,3 km/liter. Harga CBR600RR 1,606,000 yen atau setara dengan Rp 222 juta. Satu warna ditawarkan Grand Prix Red.

Apakah all-new Honda CBR600RR  akan dijual di Indonesia? Kami prediksi iya. [Idr]

  


Komentar