All-new Honda Brio Punya Keunggulan Aerodinamika yang Bikin Irit Share this

All-new Honda Brio Punya Keunggulan Aerodinamika yang Bikin Irit

Adi Hidayat
pada 13 September 2018

Foto: Aerodinamika Jadi Kunci Hemat All-new Honda Brio

JAKARTA – All-new Honda Brio dibekali dengan sejumlah pengembangan di sektor aerodinamika guna meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hal ini disampaikan oleh Tsutomo Harano, Large Project Leader All New Brio Honda R&D Asia Pacific Co,Ltd. Menurutnya, hambatan udara pada kendaraan memiliki faktor besar dalam menentukan boros tidaknya konsumsi bahan bakar.

“Secara keseluruhan bobotnya lebih berat 20 kg dibanding model sebelumnya. Yang membuat boros salah satunya adalah hambatan udara. Untuk itu, Honda Brio terbaru didesain sedemikian rupa agar lebih aerodinamis,” ungkapnya disela-sela pengumuman harga Honda Brio di Jakarta.

Fokus pada pengurangan hambatan angin ini pun menjadikan Honda Brio terbaru kaya akan sejumlah aksesoris yang mendukung aerodinamika mobil. Sebut saja front spoiler serta bumper garnish yang diklaim dapat mengalirkan udara di bagian bawah kendaraan. Sementara spoiler tailgate berukuran besar juga membantu optimalisasi aliran udara di bagian atas body.

Fokus pada aerodinamika ini pun terbilang sukses karena berdasarkan pengujian yang dilakukan, konsumsi BBM all-new Honda Brio tetaplah hemat. Honda mengklaim, untuk Honda Brio bertransmisi manual hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 20,1 km sedangkan transmisi CVT membutuhkan 1 liter untuk 20,3 km.

Meski mengaku sudah mengembangkan aerodinamika mobil, namun tetap saja gaya mengemudi menjadi faktor paling menentukan dalam efisiensi bahan bakar. Untuk itu, Honda pun sudah menyematkan eco indicator. Fitur ini dapat mendeteksi dan memberi informasi mengenai berkendara hemat secara real time. Dengan demikian, pengemudi akan lebih mudah untuk mengemudi hemat. [Adi/Ari]


Komentar