All-new BMW X4 Masuk Indonesia Hanya 20 Unit, Ini Spesifikasinya Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new BMW X4 Masuk Indonesia Hanya 20 Unit, Ini Spesifikasinya

Denny Basudewa
pada 08 Februari 2019

JAKARTA – BMW Group Indonesia akhirnya resmi memasarkan all-new X4 di Tanah Air.

Setelah resmi diperkenalkan di Thailand, unit Sport Activity Vehicle (SAV) yang lebih akrab disapa SUV tersebut melenggang mulus di Indonesia. Meskipun telah resmi dipasarkan, tidak semua orang bisa memiliki produk ini karena hanya dijual sebanyak 20 unit saja.

Secara tampilan, all-new BMW X4 ini memiliki bentuk mirip sebuah kendaraan berjenis coupe. Garis atap melengkung dan menyatu dengan kaca belakang inilah yang membuat SUV ini tampak lebih spoty dan dinamis.

Meskipun tampak a la coupe, namun kendaraan ini tidak meninggalkan aura maskulin dari kendaran yang ditakdirkan menjadi sebuah SUV. Dengan ground clearance 204 mm dan wadding depth 500 mm, all-new BMW X4 tetap lahir sebagai kendaraan yang tangguh.

Berbekal sudut breakover 19.4°, sudut kedatangan dan keberangkatan masing-masing 25.7° dan 22.6°, membuat kendaraan ini cukup mumpuni menempuh medan jalan yang ekstrem sekalipun.

Ketangguhan dari all-new BMW X4 ini tidak terlepas dari keberadaan sistem BMW xDrive, intellegent all-wheel-drive. Versi terbaru dari sistem ini memiliki bobot yang lebih ringan, dengan efisiensi yang meningkat. Ditambah, kontrol elektronik yang sangat presisi dalam mendistribusikan tenaga, tingkatkan efek sporty khas BMW.

Mobil ini dipasangkan suspensi M Sport dengan Vertical Dynamic Control juga Variable Sport Steering. Perangkat yang terakhir disebut secara khusus dibuat untuk berikan kualitas pengendalian dinamis, sistem ini memastikan tingkat pengendalian tinggi saat melalui tikungan tajam serta stabilitas saat di jalan lurus. Pada bagian suspensi, Vertical Dynamic Control adalah fitur yang hadir untuk menambah kenyamanan penumpang saat berkendara jarak jauh.

Masuk ke dalam kabin, panel instrumen all-new X4 ditata dengan ergonomis serta posisi tempat duduk yang tinggi - tipikal BMW X - memungkinkan pengemudi untuk melihat jalan di depan dengan lebih jelas.

Tata letak kokpit yang fokus pada pengemudi, membantu menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman dan sporty. Kursi sport yang didesain dengan bantalan samping berkontur memberikan kenyamanan, bahkan dalam situasi pengendalian ekstrem. Bantalan lutut di konsol tengah menambah sentuhan sporti.

Hadir dengan satu pilihan varian yakni M Sport X. Mobil ini menggunakan trim yang terinspirasi dari dunia reli, serta BMW M leather steering wheel, kursi sports dalam desain spesifik BMW M, BMW Individual headliner Anthracite, dan strip trim interior eksklusif dalam Aluminium Rhombicle Dark dengan aksen Pearl-effect Chrome, sehingga mengoptimalkan kesan sporty pada bagian depan.

Sebuah panoramic glass roof dengan dimensi besar pertama kalinya diaplikasikan di BMW X4. Permukaan kaca dua bagian dengan panjang keseluruhan 924 mm dan lebar 890 mm memungkinkan masuknya cahaya dan udara di dalam kabin sesuai kebutuhan.

Versi terbaru dari iDrive yang terdapat dalam all-new BMW X4 ini dirancang untuk tawarkan kontrol fungsi kendaraan, navigasi, komunikasi, dan infotainment yang lebih fleksibel dan ergonomis. Control Display kini berbentuk monitor resolusi tinggi yang dilengkapi dengan Navigation System Professional dan berukuran 10.25 inci, termasuk layar sentuh.

Touch control yang intuitif lebih jauh difasilitasi oleh tata letak menu tile-style dengan konten menarik. Cluster instrumen pengemudi hadir dengan layar 8.8 inci dan beradaptasi dengan mode pengendaraan yang dipilih (ECO Pro, Comfort dan Sport) juga tersedia di All-new BMW X4.

Selain itu, mobil ini memiliki bobot 50 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya, serta pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan BMW X3 baru. Ini tentunya dapat meningkatkan kedinamisan, khususnya di tikungan.

Faktor lain dalam kedinamisan dan efisiensi superior all-new BMW X4 adalah efisiensi aerodinamika hingga sekitar 10 persen. Bahkan, SUV ini tetapkan tolak ukur baru di segmennya dengan drag coefficient  (Cd) 0.30. [Dew/Ari]


Komentar