All-New BMW 1 Series 2020 dengan Senyuman Bengis Hiu Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-New BMW 1 Series 2020 dengan Senyuman Bengis Hiu

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 27 Mei 2019

MUNICH — All-new BMW 1 Series 2020 menawarkan kabin yang lebih lega meski memiliki tubuh lebih pendek dari dua generasi sebelumnya. 

Jumlah produksi 1,3 juta unit pada generasi pertama dan kedua BMW Seri 1 menjadi bukti kesuksesan BMW menghadirkan kendaraan compact untuk pasar dunia. Kesuksesan tersebut pun kini dilanjutkan melalui kelahiran generasi ketiga BMW 1 Series, walau hanya hadir dalam varian hatchback saja. 

Pada perkenalan perdananya di Welt BMW, Munich (Jerman), pihak pabrikan menyebut all-new BMW 1 Series 2020 mengalami peningkatan kenyamanan pada sisi penumpang belakang. Padahal, secara dimensi lebih pendek. Wheelbase all-new BMW Seri 1 sekarang lebih pendek 20 mm dari generasi kedua. 

Begitu pula dengan panjang keseluruhan yakni 5 mm. Namun, untuk lebar dan tinggi mengalami penambahan masing-masing 34 mm dan 13 mm. Hal ini lah tak hanya membuat penumpang lebih nyaman duduk di belakang. Melainkan pula untuk mengakomodasi barang bawaan lebih banyak lagi. 

Dari segi tampilan pun BMW Seri 1 menyajikan hal baru, terutama pada bagian wajah yang disebut BMW dengan desain grille shark nose. Sementara celah angin pada bagian bawah seperti bentuk mulut yang menyiratkan senyuman bengis sang predator lautan. Penegasan karakter atletisnya juga diperkuat melalui guratan garis-garis mulai dari bagian bumper, kap mesin hingga bagian samping body all-new BMW Seri 1.

Sementara pada bagian interior, BMW memberikan penyegaran desain guna mendukung kelegaan kabin. Ditambah lagi dengan enam opsi pilihan efek warna yang dapat disetel sesuai keinginan pemilik. Selain itu, pabrikan Bavarian juga menerapkan kontrol kendaraan, mode berkendara hingga transmisi pada satu wilayah di konsol tengah. 

Hal ini tentu akan meningkatkan kenyamanan pengemudi. Ditambah lagi dengan keberadaan wireless charging untuk smartphone dan perangkat hiburan BMW Operating System 7.0 yang disajikan melalui layar sentuh 10,25 inci. Sementara itu, segala informasi kendaraanperihal kecepatan, konsumsi BBM ditampilkan pada head up dispaly 9,2 inci yang pertama kali diterapkan pada BMW Seri 1. 

Tak kalah penting, BMW Seri 1 terbaru menghadirkan kenyamanan bagi penumpang belakang di mana ruang kakinya kini bertambah 33 mm dari sebelumnya. Sementara headroom lebih tinggi 19 mm dan lebih lega 13 mm. Kemewahannya juga kian terpancar lantaran adanya soonroof. Sementara itu, daya tampung hatchback ini bertambah sebanyak 20 liter. Kemudahan untuk membuka bagasi juga diikuti dengan pengoperasian elektrik yang juga menjadi penawaran baru untuk all-new BMW Seri 1.  

BMW 1 Series 2020 bisa dipilih dalam tiga opsi (BMW 116d, BMW 118d dan BMW 118i) mesin diesel bertransmisi 7-percepatan Steptronic dual clutch. Sedangkan untuk tipe bensin (BMW 120d xDrvice dan BMW M135i x Drive) hadir dengan transmisi Steptronic Sport 8 percepatan. 

Seluruh varian telah memenuhi standarisasi emisi gas buang Euro 6d-TEMP. Keduanya sudah mengaplikasi filter terpisah, katalitik konverter berteknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Fitur penunjang berkendara lain dari Driving Assistant meliputi Lane Changing Warning system, Rear Collision warning dan Crossing Traffic warning juga membuat pengemudi lebih aman saat mengendarai all-new BMW Seri 1. 

BMW seri 1 juga memiliki Parking Assistant inovatif di mana menyediakan fitur bantuan parkir yaitu Park Distance Control (PDC). Bantuan ini sangat berguna ketika mobil diparkir paralel di mana BMW Seri 1 dapat bermanuver otomatis saat keluar dari parkiran paralel.  

Fitur lain yang tak kalah penting pun diberikan kepada pemilik all-new BMW Seri 1 ini. Pertama adalah akses keluar-masuk kendaraan menggunakan smartphone dengan penerapan teknologi NFC (Near Field Communication). Mobil juga langsung bisa distarter ketika smartphone ditempatkan pada tempat wireless charging. 

Selain itu, ada pula kunci digital yang bisa dibagikan pemilik all-new BMW Seri1 kepada setidaknya 5 orang. Namun, hanya bisa digunakan oleh pengguna smartphone Samsung Galaxy dengan sistem operasi 8.0 ke atas saja. Seperti varian sedan BMW, model ini juga dilengkapi dengan BMW Intelligent Personal Assistant, sistem navigasi adaptive.

Sayangnya, pihak pabrikan belum merilis harga jualnya hingga saat peluncuran globalnya pada 28 September 2019 mendatang. [Ary/Idr]


Komentar