All-new Audi RS Q8 Kejar Lamborghini Urus Share this
Mobil Baru
Mode baca

All-new Audi RS Q8 Kejar Lamborghini Urus

Denny Basudewa
pada 21 November 2019

Foto: All-new Audi RS Q8

LOS ANGELES – All-new Audi RS Q8 merupakan sebuah SUV berperforma nan praktis namun memiliki desain sebuah kupe dinamis.

Jika Anda akrab dengan brand Audi tentunya paham dengan kode RS yang melekat di produknya. Artinya tentu produk tersebut merupakan kendaraan berperforma a la Audi. All-new RS Q8 digadang-gadang menjadi SUV terkencang dari Audi dan telah membuktikan kemampuannya di sirkuit Nurburgring, dengan catatan waktu 7 menit 42.2 detik.

Mengandalkan mesin 4.0-liter V8 all-new RS Q8 dipercaya mampu menghasilkan daya 591 hp dan torsi puncak 800 Nm. Turbocharger yang menyokong mesin tersebut di atas membuat akselerasi kendaraan 0 – 100 km/jam hanya 3.8 detik saja.

Jantung mekanis kendaraan disandingkan dengan transmisi delapan-percepatan Triptonic, kemudian disalurkan pada keempat rodanya (all-wheel drive) permanen Quattro. Sistem penggerak ini juga mengatur penyaluran torsi pada setiap ban, berikut pengaturan rem. Hal ini membuat pengendalian kendaraan lebih terjaga.

Spesifikasi mesin all-new Audi RS Q8 serupa dalam hal kapasitas dengan Lamborghini Urus yakni 4.0-liter V8. Namun semburan daya SUV asal Italia tersebut mencapai 641 hp pada 6.000 rpm dan torsinya 850 Nm pada 2.250 – 4.500 rpm.
All-new RS Q8 mengusung tampilan yang lebih sangar dari sebelumnya. Sebagai SUV bergaya kupe, RS Q8 menonjolkan karakter atletis dari sebuah kendaraan. Perpaduan warna hitam dengan bodi hijau terang, memberikan kesan sporti dan ciri khas Audi yang populer di mata para petrolhead.

Masuk ke dalam kabin, Audi RS Q8 menyajikan virtual cockpit dan MMI display yang unik. Display MMI dapat memberikan berbagai informasi seperti G-force, catatan waktu, temperatur, torsi hingga tekanan udara pada ban. Lalu pabrikan mobil asal Jerman ini juga menampilkan HUD (Head Up Display dengan identitas RS nan menawan.

All-new Audi RS Q8 akan masuk ke pasar Amerika Serikat pada 2020. Produk baru ini menjadi kendaraan SUV berperforma pertama dari Audi di negeri Paman Sam. [Dew/Ari]


Komentar