Alibaba dan SAIC Luncurkan Internet Car Share this
Video Gadget
Mode baca

Alibaba dan SAIC Luncurkan Internet Car

Muhammad Ikhsan
pada 20 September 2016

Foto: Alibaba menyediakan OS YunOS untuk mobil-mobil SAIC

BEIJING - Industri otomotif China terus berkembang. Negara itu memimpin sebagai pasar mobil terbesar di dunia. Kondisi ini memicu perusahaan otomotif terus berinovasi, salah satunya Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Di markasnya, SAIC dan raksasa teknologi asal China, Alibaba Group meluncurkan "Internet Car" beberapa waktu lalu. Peluncuran sistem hiburan baru ini bagian dari ambisi besar mereka untuk menguasai bisnisnya di China.

Sistem infotainment untuk mobil penumpang ini mengggunakan sistem operasi YunOS (Aliyun OS), atau buatan Alibaba untuk menyaingi OS Android dan iOS iPhone.

Kedua perusahaan ini menjelaskan istilah "Internet Car" mengacu pada Internet of Things (IoT) di mana semua terhubung antara smartphone dengan mobil Anda, mobil dengan rumah dan rumah dengan smartphone.

"Internet Car" sendiri dikembangkan oleh perusahaan otomotif SAIC di China, sementara Alibaba hanya penyedia sistem operasi. Mobil pertama yang menyediakan fitur ini adalah Roewe RX5 yang dijual 99,800 - 186,800 yuan atau sekitar Rp 196 - Rp 367 juta.

Dalam keterangan resmi mereka, produk cerdas ini dipasarkan di bawah merek SAIC dan dijual melalui jaringan dealer SAIC yang ada saat ini.

Seperti diketahui, OS YunOS dikembangkan untuk memungkinkan pengemudi mendapat kemudahan tak hanya dalam hal terhubung dengan internet 4G dan 5G, tapi Jack Ma selaku pendiri Alibaba juga menyediakan sistem operasi untuk peralatan rumah pintar. [Ikh]


Komentar