Alex Rins Tebus Kegagalan Iannone di MotoGP Jepang Share this
MotoGP
Mode baca

Alex Rins Tebus Kegagalan Iannone di MotoGP Jepang

Ary Dwinoviansyah
pada 23 Oktober 2018

MOTEGI - Alex Rins mampu mengamankan podium ketiga bagi Suzuki Ecstar di MotoGP Jepang (21/10), setelah Andrea Iannone terjatuh.

Khalayak memang tengah hanyut dalam euforia kemenangan besar Marc Marquez di MotoGP Jepang. Tapi, penampilan pembalap lainnya juga tak kalah menggigit. Salah duanya tampak dari capaian kedua pembalap Suzuki Ecstar Rins dan Iannone.

Prediksi keduanya bisa menapaki podium Sirkuit Twin Ring Motegi terbukti nyata di mana duet penunggang Suzuki GSX-RR ini start dari grid 5 dan 8. Meski begitu, posisi Iannone sempat merosot ke urutan 9 di awal balapan.

Baru lah setelah 2 lap The Maniac mampu melakukan serangan demi serangan. Dimulai dengan melewati Dani Pedrosa, Johann Zarco, Jack Miller, Rins hingga Valentino Rossi yang saat itu tengah menghuni urutan 4.

Jejak apik juga dilakoni Rins dengan cara menyingkirkan Rossi dari perburuan podium. Sayang, Iannone tak bisa bertahan karena sudah kehabisan grip ban depan di pertengahan balapan.

Padahal, gap Iannone maupun Rins kian mendekat karena kesibukan yang dibuat Andrea Dovizioso, Marquez dan Cal Crutchlow. Alhasil, pembalap Italia itu tersingkir lebih dulu dari lintasan setelah terjatuh di T10 Motegi.

"Mengerem di T10 sangat sulit dan saya kehilangan grip depan. Saya sudah memberikan segalanya dan berpikir podium sangat mungkin. Tapi, sayangnya saya tidak terjadi," ucap Iannone.

Dengan begitu, keuntungan ada di pihak Rins. Tak hanya cerdik memanfaatkan momen kecepatan Iannone, Rins juga sanggup menjauhkan jarak dengan Rossi. Dewi fortuna pun tampaknya membela Rins di MotoGP Jepang ini.

Usahanya untuk mendekat ke tiga rider terdepan cukup sulit. Namun, Dovizioso tak kuasa bertarung dengan Marquez sehingga mambuatnya terjatuh jelang lap terakhir. Artinya, Rins mendapatkan keuntungan ganda dan bisa mempertahankan posisinya untuk finish ketiga di belakang Crutchlow dan Marquez.

"Perasaan saya dan tim sangat senang terutama Jepang adalah homa race mereka. kami melakukan balapan bagus. Setelah Iannone jatuh saya coba menaggulangi situasi dan Crutchlow yang cukup jauh di depan. Saya putuskan untuk mengejarnya meski sulit. Tapi, dia mengerem sangat keras. Kami senang dengan posisi ketiga ini dan akan mencobanya lagi sampai akhir musin ini depan lebih banyak podium," ungkap Rins.

Tim Suzuki Ecstar masih bisa menambah pundi poin di tiga seri tersisa. Saat ini Rins menghuni urutan ke 9 di klasemen MotoGP 2018 dengan 118 poin. Sedangkan Iannone ada di posisi 10 (113 poin). [Ary/Ari]


Komentar