Alex Rins Kompetitif Dengan Mesin Baru Share this
MotoGP
Mode baca

Alex Rins Kompetitif Dengan Mesin Baru

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 02 Juli 2018

ASSEN - Alex Rins memperlihatkan aksi terbaiknya bersama mesin baru Suzuki GSX-RR untuk menapaki podium MotoGP Assen, Belanda (1/7).

Marc Marquez memang melanjutkan dominasinya sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP 2018. Namun, laga kedelapan lalu juga menjadi panggung bagi Alex Rins. Pembalap Suzuki Ecstar ini berhasil meraih podium kedua setelah bersaing dengan Maverick Vinales di lap terakhir.

Pemenang di laga kali itu juga tidak bisa diprediksi. Pasalnya, ada enam pembalap yang berpeluang menjadi juara karena banyaknya aksi overtake. Hal ini juga dilakukan Rins ketika menyerang Marquez.

Sebelum melewatinya di 2 atau 3 lap, saya tahu dia sangat kuat di tikungan itu. Tapi, perasaan dengan motor sangat baik. Saya mendahuluinya, walau pun pada lap berikutnya dia kembali menyusul. Ini balapan yang fantastis," kata Rins usai naik podium kedua.

Menurut Rins, kepercayaan dirinya meningkat karena setup motor yang tepat. Ditambah lagi mesin baru yang dipasok Suzuki mampu menunjukkan tajinya di lintasan tersebut.

"Suzuki membawa mesin baru yang sedikit lebih kencang di putaran atas dan itu cukup membantu kami di trek lurus," terang pembalap Spanyol.

Penampilan Rins sepanjang latihan bebas hingga kualifikasi juga meningkat. Pembalap utama tim Suzuki Ecstar musim depan ini sempat terlempar ke Q1. Namun, dia bisa bersaing lagi ke Q2 dan start di grid kelima.

Hal tersebut juga didukung oleh peningkatan skill balap serta kemampuannya memaksimalkan grip ban belakang. Tidak seperti Marquez yang ternyata memilih ban soft, Rins dan beberapa pembalap lain justru memilih ban Michelin berkompon keras.

"Memang cukup aneh karena banyak pembalap menggunakan ban soft. Tapi, saya bisa mengontrol grip sedikit lebih mudah bahkan putaran dengan ban keras. Makanya, kami memilih ban ini," tutup Rins. [Ary/Ari]


Komentar