Alex Rins 'Kesetanan' di MotoGP Jerez Share this
MotoGP
Mode baca

Alex Rins 'Kesetanan' di MotoGP Jerez

Ary Dwinoviansyah
pada 06 Mei 2019

JEREZ — Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins bak kesetanan saat melakoni balapan MotoGP di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5). 

Rins menjalani pertarungannya di seri ini dengan cukup berat. Pasalnya, Ia harus memulai balapan dari baris ketiga atau tepatnya di grid ke-9. Tapi, dukungan dari fans Spanyol membuatnya bertekad untuk tampil maksimal. 

Hal tersebut terlihat setelah Ia mampu menempatkan diri di urutan 6. Upayanya untuk bisa merangsek ke depan justru dihadang para Andrea Dovizioso. Rins sempat mendahului Dovizioso di tikungan. Tapi, Dovizioso kembali mengambil alih karena setelah itu ada trek lurus di mana ini menjadi kekuatan Ducati Desmosedici GP19. 

Kondisi ini membuat Rins berada cukup lama di belakang pembalap Ducati Corse itu. Berkat ketenangannya mengatur ritme dan kecepatan, Rins pun akhirnya menemukan celah untuk mendahului Dovizioso di tikungan selanjutnya. Tak cukup sampai di situ, Rins pun kemudian melancarkan serangannya terhadap Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan juga Franco Morbidelli

Bahkan, Rins pun tak sedikit pun menurunkan determinasinya meski Marc Marquez sudah jauh di depan. Namun, pembalap Spanyol ini berhasil membuat selisih hanya 1,654 detik saja di belakang Marquez. Rins merasa senang bisa kembali mendapatkan podium setelah menjuarai MotoGP Austin, Amerika Serikat

"Luar biasa mendapatkan kemenangan dan kemudian menempati posisi ke-2. Balapan ini sangat sulit dan mulai dari baris ketiga membuatnya lebih sulit. Saya memberi 100% dan saya tahu bahwa kecepatan balapan saya bisa dekat dengan Marc. Jadi, saya berencana untuk mencoba dan mendapatkan awal yang baik dan pergi ke depan. Para penggemar Spanyol luar biasa hari ini, dengan penggemar itu memberi saya dorongan untuk setiap putarannya," kata Rins. 

Apresiasi juga diberikan oleh Davide Brivio selaku Manajer Tim Suzuki Ecstar. Menurutnya, Rins melakukan balapan yang luar biasa. Apalagi, Ia menilai sangat sulit untuk mendapatkan posisi terlebih jika melihat dari mana Rins memulai balapan. 

"Mulai di posisi ke-9 di Jerez dan mencapai posisi ke-2 tidak mudah sama sekali, itu adalah salah satu trek paling sulit untuk mencari posisi. Dia melakukan balapan yang hebat, dan langkahnya sangat cepat hingga akhir balapan. Jadi, saya ingin mengucapkan selamat kepadanya, dan juga untuk mengucapkan terima kasih kepada semua tim. Saya senang dengan balapan Joan, karena meskipun mengalami kecelakaan di 3 putaran tersisa, Ia memiliki kecepatan yang baik dan sangat dekat dengan posisi teratas dalam hal waktu putaran. Jadi, secara keseluruhan ini adalah hari yang positif," ucap Brivio. 

Pencapaian ini sekaligus membuat Rins menempati urutan kedua di kejuaraan dengan torehan 69 poin. Terpaut 1 poin saja dari Marquez selaku penghuni pimpinan klasemen sementara MotoGP 2019. Di sisi lain, Rins berharap bisa terus tampil konsisten di seri selanjutnya termasuk MotoGP Le Mans, Prancis. [Ary/Ari] 


Komentar