Aksi Jokowi dengan Yamaha FZ1 di Mata Wawan Tembong Share this
Berita Motor
Mode baca

Aksi Jokowi dengan Yamaha FZ1 di Mata Wawan Tembong

Denny Basudewa
pada 20 Agustus 2018

Foto: Jokowi Buka Asian Games 2018

JAKARTA – Jokowi melakukan aksi heboh, menunggangi sepedamotor dan melakukan trik berbahaya untuk meresmikan Asian Games 2018. Wawan Tembong, atlet freestyler Indonesia yang punya prestasi international punya komentar atas aksi ini.

Di balik kemegahan dan gemerlap opening ceremony Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo mempraktekkan aksi menegangkan. Meskipun aksi tersebut tidak dilakukan oleh dirinya sendiri alias menggunakan stuntman atau pemeran pengganti.

Namun trik yang membuat heboh dan viral tersebut sebenarnya cukup sederhana dan bisa dipelajari. Tentu saja kami tidak membahas adegan jokowi melompat dengan menggunakan motor. Karena hal tersebut dilakukan dengan alat bantu dan telah diproses dengan editing.

Wawan Tembong yang merupakan atlet freestyler professional asal Tanah Air, mengatakan trik yang dilakukan Jokowi sebenarnya merupakan basic. Namun ketika digunakan untuk proses pengambilan gambar, trik mudah akan menjadi cukup sulit.

“Karena jika untuk proses pengambilan gambar, speed yang digunakan harus seminimal mungkin. Kalau tidak bisa disuruh ulang terus sama sutradaranya,” ujar Wawan kepada Otospirit.com (19/08/2018).

Melakukan beberapa trik freestyle dengan kecepatan rendah tentunya membutuhkan konsentrasi lebih. Terlebih jika menggunakan motor yang memiliki bodi besar, seperti yang digunakan oleh Jokowi (Yamaha FZ1). Hal ini diamini oleh Wawan melihat jenis kendaraan yang digunakan oleh stuntman tersebut.

“Memang melakukan teknik semudah apapun jika keperluannya untuk shooting, akan lebih sulit. Karena kita butuh keseimbangan lebih baik karena melakukannya dalam kecepatan serendah mungkin. Makanya motor yang dipilih juga FZ1 karena cukup baik handlingnya dan enak untuk bermanuver,” jelas Wawan kemudian.

Yamaha FZ1 yang kini bernama MT10 merupakan motor sport berkapasitas 1.0-liter empat-silinder segaris. Motor jenis naked bike tersebut memiliki bobot lebih ringan dari versi superbike atau berfairing.

Jarak sumbu roda pada Yamaha FZ1 juga lebih pendek daripada R1M. Walhasil kuda besi ini lebih mudah diajak untuk meliuk-liuk di tengah kemacetan. [Dew/Ari]


Komentar