Aksi Freestyle ‘Jokowi’ Bisa Dipelajari Dalam Waktu 2 Pekan Share this
Berita Motor
Mode baca

Aksi Freestyle ‘Jokowi’ Bisa Dipelajari Dalam Waktu 2 Pekan

Denny Basudewa
pada 20 Agustus 2018

Foto: Jokowi Stoppie

JAKARTA – Aksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam melakukan stoppie dan slide, ternyata bisa dipelajari dalam waktu setidaknya 2 pekan.

Seperti diketahui bahwa Jokowi (sapaan akrabnya), melalui pemeran penggantinya melakukan trik stoppie dan slide. Dua trik tersebut diketahui merupakan basic dari teknik freestyle. Meskipun basic, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hal ini agar tidak mencelakai diri sendiri dan orang lain.

Wawan Tembong yang merupakan atlet freestyle asal Tanah Air, mengatakan dirinya bisa mengajarkan 2 trik tersebut dalam waktu singkat. Pria kelahiran Boyolali ini menyebut setidaknya orang dapat melakukan stoppie dan slide, dalam waktu 2 pekan.

“Biasanya selama ini saya mengajarkan personil Sabhara (Samapta Bhayangkara), butuh waktu 1 bulan. Tapi mereka kan gak fokus, kalau intens 2 minggu juga sudah bisa kok,” ucap Wawan kepada Otospirit.com (20/08/2018).

Menurutnya langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih jenis sepedamotor. Pria yang memiliki sekolah stuntman tersebut, mengatakan setiap jenis kuda besi tingkat kesulitannya berbeda-beda.

Ia mengatakan jika ingin memulai dengan kendaraan jenis sport bisa memulai kelas 150 cc. Selain itu, mereka juga bisa belajar dengan menggunakan motor jenis skutik. Jenis yang terakhir disebut, dikatakan lebih mudah dikuasai karena kedua rem berada di tangan.

“Sebenarnya kalau mau belajar lebih mudah pakai matik sih. Karena remnya ada di tangan dua-duanya. Tapi kalau mau pakai motor sport juga bisa, kita biasanya pakai yang 150 cc dulu baru nanti naik lagi,”jelasnya kemudian.

Menurutnya, stoppie mengandalkan momentum dalam pengereman. Hal tersebut butuh kesabaran dan kecermatan dalam melakukannya. Terlebih yang dilakukan oleh stuntman Jokowi merupakan long stoppie dan memiliki tingkat kesulitan lebih. Sementara dalam melakukan slide dikatakan lebih mudah dibandingkan stoppie. Mengatur kecepatan adalah kuncinya.  [Dew/Ari]


Komentar