AHM Kembali Mengembangkan Dunia SMK di Sumatera Utara Share this
Berita Motor
Mode baca

AHM Kembali Mengembangkan Dunia SMK di Sumatera Utara

Adi Hidayat
pada 03 Oktober 2017

Foto: pelatihan mekanik honda

DELI SERDANG – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali mempercayakan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengembangkan vokasi industri di SMK di Sumatera Utara.

Peluncuran Program Vokasi Industri di Provinsi Sumatera Utara dengan mengembangkan SMK Pilot Project dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Kegiatan ini diselenggarakan di Kawasan Industri Medan (KIM) Tahap II, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dalam program pengembangan pendidikan vokasi bersama Kemenperin di pulau Sumatera ini, AHM melakukan kerjasama dengan 6 SMK yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara. Untuk mendukung program belajar mengajar di SMK Pilot Project, AHM memberikan bantuan 6 unit sepeda motor, 6 set Special Tools, dan Materi Ajar kepada 6 SMK binaan Honda ini.

Ahmad Muhibbuddin , Ketua Program Pendidikan Satu Hati mengatakan upaya meningkatkan kualitas SMK binaan Honda ini tidak hanya dalam bentuk bantuan untuk melengkapi kebutuhan tempat praktik para siswa saja. Mereka juga melakukan penyelarasan kurikulum, penyediaan tempat praktik kerja industri (Prakerin) siswa, dan pengukuran kualitas SMK melalui supervisi dan kontesitas.

“Program link and match dunia industri dan dunia pendidikan ini sangat penting. Kami akan terus mendukung pemerintah menguatkan kompetensi generasi muda terutama di bidang teknik sepeda motor Honda,” ujar Muhibbuddin.

Dengan kerjasama ini, AHM dan Kemenperin sudah memiliki 58 SMK Pilot Project berbasis kompetensi teknologi sepeda motor yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat dan kini memasuki provinsi Sumatera Utara. [Adi/Ikh]


Komentar