Adab Motor, Bengkel Resmi Yamaha Milik SMK Muhammadiyah Lemahabang Share this
Workshop
Mode baca

Adab Motor, Bengkel Resmi Yamaha Milik SMK Muhammadiyah Lemahabang

Denny Basudewa
pada 16 Juli 2018

Foto: Bengkel Resmi Yamaha

CIREBON – PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) meresmikan bengkel resmi terbarunya di Lemahabang, kabupaten Cirebon.

Menariknya dari bengkel resmi (Beres) Yamaha kali ini adalah kepemilikannya yang dipegang langsung oleh SMK Muhammadiyah Lemahabang, Cirebon. Hal ini merupakan bukti nyata YIMM dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia.

Diketahui bahwa sejak 2003 hingga saat ini, Yamaha menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) melalui program pembinaan SMK (Sekolah Menegah Kejuruan) di beberapa daerah di Tanah Air.

Dengan konsistensi yang terus berlanjut, kerja sama YIMM dengan SMK Muhammadiyah Lemahabang, Cirebon, berbuah resminya satu bengkel resmi Yamaha di daerah tersebut. Seremonial peresmian dilakukan pada Sabtu, 14 Juli 2018 dan dihadiri beberapa pejabat Kementerian, para petinggi sekolah dan pihak Yamaha tentunya.

”Kerjasama antara Yamaha dengan SMK Muhammadiyah Lemahabang sudah dimulai sejak tahun 2008. Di tahun 2012 dibuka kelas khusus Yamaha di SMK Muhammadiyah Lemahabang. Hal ini adalah tindak lanjut kerjasama SMK - Yamaha dalam bentuk Teaching Factory di mana selain kelas khusus Yamaha, SMK juga bisa memiliki bengkel yang bisa digunakan sebagai sarana belajar dan sekaligus bisa menjadi unit produksi bagi SMK,” jelas M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT YIMM.

Dirinya mengatakan, Yamaha memberikan support berupa setup ruang teori dan ruang praktik berikut peralatannya. Kerjasama ini terus berkembang sampai yang terbaru adalah, peresmian bengkel resmi Yamaha Adab Motor milik SMK Muhammadiyah Lemahabang.

Dengan dibukanya bengkel resmi Yamaha Adab Motor, diharapkan bisa melayani kebutuhan layanan purnajual bagi konsumen di kabupaten Cirebon, baik service maupun spare part. Bengkel Adab Motor juga memiliki teknisi handal yang bersertifikat Yamaha Technical Academy.

Adab Motor juga memiliki peralatan standar Jepang, dilengkapi dengan Yamaha Diagnostic Tools terbaru yang mampu memeriksa sistem Fuel Injection secara akurat.

“Pengembangan dunia pendidikan terutama SMK, harus didukung semua pihak termasuk dunia usaha dan dunia industri untuk mewujudkan Link and Match. Pembukaan bengkel resmi Yamaha Adab Motor merupakan usaha keras dan membuktikan adanya Teaching Factory, berorientasi pada integrasi antara proses pembelajaran dengan produksi barang/jasa, sesuai standar industri di SMK Lemahabang,” sebut Dr. Ir. M. Bakrun, MM, Direktur Pembinanan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. [Dew/Ari]


Komentar