Accent Wire Mampu Buat Mesin Lebih Rajin Share this
Berita Mobil
Mode baca

Accent Wire Mampu Buat Mesin Lebih Rajin

Denny Basudewa
pada 15 Februari 2019

JAKARTA – Accent Wire (AW) dalam satu tahun terakhir telah menjadi kontroversi di kalangan komunitas motor maupun mobil.

Kabel yang mendapat julukan sebagai ‘Kabel Setan’, terbukti mampu meningkatkan tenaga mesin serta torsi dari mesin. Perangkat mungil yang menyambungkan arus dari koil tersebut dikatakan mampu membuat daya ledak dalam mesin lebih besar dan tepat sasaran.

“Kami tidak merubah apapun di dalam mesin. Apa yang kami lakukan di sini adalah menciptakan alat yang mampu mengoptimalkan kinerja ruang bakar. Aw mempercepat dan membuat kinerja lebih tepat hingga terjadinya ledakan yang terjadi pada mesin,” kata Indra Santoso, Founder AW kepada Otospirit.com di bengkel yang sekaligus laboratorium di bilangan Srengseng, Jakarta Barat (14/02/2019).

Dirinya mengatakan dalam waktu satu tahun, pihaknya telah menjual AW dengan jumlah tidak kurang dari 50 ribu buah. Dalam kesempatan ini, Indra menunjukkan bahwa penemuannya mampu meningkatkan tenaga sebesar 1 hingga 4 hp. Sementara torsi mesin meningkat menjadi sekitar 12 Nm. Untuk diketahui bahwa hasil keduanya didapatkan pada mobil.

Ia juga melakukan pengujian dengan menggunakan alat bernama Oscilloscope. Dengan mengandalkan alat tersebut terlihat grafik penggunaan AW lebih tinggi gelombangnya. Sedikit berbeda jika tidak menggunakan kabel setan tersebut.

Memang masih butuh pembuktian bahwa kabel setan ini dapat membuat performa mesin kendaraan meningkat. Setidaknya dibutuhkan tes dyno yang melibatkan tenaga ahli di bidangnya. Hal ini guna mempertegas fungsi dari alat yang dijual mulai Rp 100 ribuan tersebut.

Otospirit.com kali ini mencoba kabel setan pada Suzuki Ertiga lansiran 2018. Untuk diketahui kondisi mesin dari kendaraan sendiri masih standar pabrikan. Penggunaan Accent Wire pada kendaraan asal India ini memang membuat akselerasi mobil, sedikit terkoreksi. Akan tetapi ini masih berdasarkan perasaaan semata, belum bisa dijadikan acuan.

"AW mengubah negatif menjadi power. Bisa dirasakan langsung kok mesin jadi lebih rajin, karena akselerasi lebih cepat, gas lebih enteng," jelas Indra kemudian. [Dew/Ari]


Komentar