AC Mobil Tidak Dingin, Ini Penyebabnya Share this
Tips
Mode baca

AC Mobil Tidak Dingin, Ini Penyebabnya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 Februari 2019

BEKASI - Tidak melakukan servis secara rutin menjadi penyebab utama AC (air conditioner) mobil terasa tidak dingin. 

Sama seperti mesin, AC pada mobil juga harus dirawat secara berkala. Dengan begitu, pemilik dapat mengetahui komponen apa saja yang masih dan tidak bekerja secara maksimal. Apabila tidak dirawat, maka jangan protes dulu jika mengalami hal seperti di atas. 

Kelvin Ong, Kepala Bengkel Rotary Bintaro cabang Ciledug mengatakan gejala itu terjadi karena jarang servis AC. Padahal, menurutnya ada kompoen yang wajib diganti. 

"Kalau tidak diservis, kotoran akan masuk menembus ke kompresor. Gram dari gesekan di AC akan masuk ke sana dan mengenai pistonnya. Lebih parahnya lagi bisa bocor kompresi. Makanya AC jadi tidak dingin," kata Kelvin. 

Para pemilik mobil mungkin tak terlalu memerhatikan karena merasa sudah cukup ketika melakukan servis di bengkel resmi saja. Kelvin menambahkan, biasanya di sana hanya servis kecil saja dan paling filter AC-nya saja yang diganti.

"Ganti filter biasanya 6 bulan. Tapi, tergantung seberapa cepat filternya kotor. Berikutnya, servis juga evaporator setiap 8-12 bulan. Yang pasti, idealnya servis rutin itu dilakukan setiap 10.000 km untuk servis kecil, per 20.000 km servis besar dan dilanjutkan lagi pada 40.000 km," tutup Kelvin. [Ary/Ari] 
 


Komentar