7 Tips Jika Anda Tertarik Jual atau Beli Mobil Lewat Lelang  Share this
Tips
Mode baca

7 Tips Jika Anda Tertarik Jual atau Beli Mobil Lewat Lelang 

Krisna Arie
pada 22 December 2019

JAKARTA - Jika tertarik untuk beli mobil lewat lelang, berikut 7 panduan dasar agar Anda bisa menjual atau mendapat mobil lelang terbaik meski baru pertama kali mencobanya.

Transaksi menjual atau membeli mobil lewat lelang memang sudah lama ada di Indonesia. Namun demikian, tidak semua pemilik mobil yang tertarik untuk melakukannya.

Dan jika ditelusuri, alasannya para pemilik mobil adalah proses dari lelang yang cukup berbelit-belit. Sebagaian dari mereka enggan untuk terlibat dalam situasi ini, terlebih bagi mereka yang belum mengetahui proses di balai lelang.

Menjawab hal ini, JBA BidWin Auction (JBA), balai lelang yang telah eksis sejak 2011 dan memiliki 18 cabang di seluruh Indonesia punya tips and trick-nya jika Anda tertarik mengikuti lelang. Jadi simak panduan berikut ini dan jangan sia-siakan untuk dapat menjual serta membeli kendaraan bekas dengan harga optimal.

1. Lebih Banyak Untung di Lelang
Salah satu keuntungan lelang kendaraan adalah punya banyak pilihan kendaraan di satu tempat. Harganya pun cukup kompetitif dengan kondisi kendaraannya pun cukup beragam. 

Asal kendaraan lelang sendiri cukup beragam, mulai dari kendaraan asset perusahaan hingga stok showroom mobil baru. 

Yang tak kalh pentingnya, keamanan transaksi di balai lelang terjamin karena selalu melibatkan badan hukum. Seperti JBA, selalu melibatkan pejabat lelang negara pada setiap acara lelang. 

2. Cari Truk atau Bus? Ada, kok!
Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa lelang kendaraan hanya diperuntukkan untuk kendaraan pribadi seperti motor dan mobil bekas saja. Namun, kenyataannya, tidak demikian. 

Ada berbagai kendaraan roda empat lain yang juga dilelang, seperti bus dan truk. Hadirnya bus dan truk dalam lelang kendaraan dapat menjadi salah satu langkah Anda dalam memajukan usaha. 

Pilihan jenis bus dan truk yang diikutsertakan biasanya beragam. Seperti dari berbagai tahun produksi, daya angkut muatan hingga ukurannya. 

3. (Wajib) Cek Langsung Kendaraan! 
Hal ini adalah salah satu yang terpentin saat membeli mobil bekas agar mengetahui secara langsung kondisi kendaraan hingga informasi dokumen yang tertera. Biasanya, balai lelang akan melakukan inspeksi kendaraan sebelum dilelang. 

Seluruh kendaraan yang akan dilelang melalui JBA, misalnya, akan melalui proses inspeksi mesin kendaraan, interior dan eksterior untuk diinformasikan kepada para calon pembeli.

Hal ini juga untuk mendapatkan menakar harga dasar lelang. Bila, berminat menjual kendaraan melalui lelang, Anda akan mendapatkan harga rekomendasi untuk kendaraan sesuai kondisi kendaraan.

4. Pastikan Dokumen Lengkap dan Aman
Selain mengecek kondisi kendaraan incaran sebelum lelang, Anda juga sangat disarankan mengecek dokumen penting. Seperti kondisi BPKB dan tahun pajak, nomor rangka serta nomor mesin kendaraan.

5. Cek Ricek Harga Otomotif Kendaraan Incaran Anda
Pilih tempat dan jadwalkan waktu terbaik untuk mengikuti lelang agar tidak terburu-buru. Jika sudah menemukan lelang sesuai secara waktu dan tepat, cek kembali harga pasar motor, mobil, truk, atau bus yang diinginkan terlebih dahulu. 

Segera bandingkan dengan daftar harga yang ada. Tujuannya agar Anda punya standar dan tahu batasan harga yang didapat diajukan saat mengikuti lelang. 

6. Tentukan Anggaran Anda 
Saat lelang berlangsung, jangan terlalu agresif saat menawar. Lakukan dengan perlahan dan tunggu sejenak supaya Anda mendapat harga dan penawaran terbaik dalam membeli. 

Ini merupakan tahap penting dimana Anda jangan sampai terbawa emosi. Setiap lelang memiliki kenaikan berbeda, tergantung balai lelang yang Anda ikuti. 

7. Anda juga bisa menjual kendaraan lewat lelang
Bila tertarik untuk menjual kendaraan bekas, Anda dapat menghubungi JBA Indonesia. Anda akan diajak berdiskusi dan membahas perjanjian kerja sama berikut mekanisme, komisi serta ketentuan lain terkait pelelangan. 

Setelah mencapai kesepakatan, Tim JBA akan memeriksa kendaraan yang akan dilelang sesuai dengan kondisi pada saat diterima. Tim JBA akan melihat kondisi kendaraan dan harga dasar untuk memberikan harga rekomendasi lelang. 

Namun demikian, keputusan harga dasar lelang tetap di tangan Anda. Jika kendaraan Anda laku, dalam kurun kurang dari 7 hari, dana penjualan akan langsung ditransfer. [Ari]


Komentar