5 Tips Ringan Perawatan Mobil Setelah Mudik Share this
Tips
Mode baca

5 Tips Ringan Perawatan Mobil Setelah Mudik

Ary Dwinoviansyah
pada 14 Juni 2019

JAKARTA - Tips seputar perawatan mobil setelah mudik ini bisa Anda lakukan sendiri, sebelum memutuskan mendatangi bengkel resmi. 

Servis menjadi ritual yang penting untuk dilakukan setelah melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan kesayangan. Berbagai komponen harus dicek agar mobil bisa tetap prima ketika digunakan kembali untuk beraktivitas. 

Dimulai dari eksterior, interior, mesin hingga sektor kaki-kaki. Namun, hal ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. 

1. Bersihkan Eksterior dan interior 
Langkah pertama adalah dengan mencuci atau membersihkan mobil. Jangan didiamkan terlalu lama karena debu atau kotoran dapat membuat kualitas cat mobil menurun. Sementara proses membersihkan interior sangat penting, terlebih jika Anda dan keluarga mempunyai kebiasaan mengudap di dalam mobil karena bisa mendatangkan penghuni lain seperti semut atau serangga. 

2. Ban
Ibarat sepatu, tugas ban terbilang sangat berat. Mulai dari menopang tubuh mobil, mengarahkan, mengatur laju mobil hingga meredam getaran dari kondisi jalan. Belum lagi kalau mobil dibebani muatan penumpang dan barang yang melebihi kapasitasnya. P

Cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak sampai dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik pada bagian itu. Perhatikan pula kondisi velg dan memeriksa kondisi ban serep.

3. Oli
Segera lakukan pengecekan takaran oli mesin dari dipstick. Lakukan top up atau menambahnya jika kurang. Perhatikan pula kondisi fisik pelumas. Jika ada perubahan seperti oli berwarna coklat, disarankan untuk mendatangi bengkel resmi sekaligus memeriksa komponen lain pada mesin.  

4. Kaki-kaki
Pada bagian ini terdapat 4 komponen penting yakni sistem kemudi, suspensi, rem dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi dan kondisi jalan. Kinerja, khususnya bagi mobil penggerak roda depan akan semakin berat karena seluruh komponen terpusat di bagian depan. Makanya, periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

5. Cairan 
Mudik, terutama dengan rute panjang memaksa mobil bekerja lebih keras. Salah satu bagian yang juga terkena dampak adalah menguapnya bagian mobil yang menggunakan cairan. Oleh karena itu, periksa air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis hingga air wiper. Apabila berkurang, tambahkan sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. [Ary/Ari]


Komentar