4 Produsen Sepakat Bangun Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Eropa Share this
Berita Mobil
Mode baca

4 Produsen Sepakat Bangun Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Eropa

Adi Hidayat
pada 06 November 2017

Foto: IONITY

MUNICH - Empat produsen otomotif ternama resmi bekerja sama untuk membuat perusahaan joint venture yang diberi nama Ionity.

Perusahaan-perusahaan mobil yaitu BMW, Daimler, Ford dan Volkswagen Group sepakat menciptakan Ionity atau mengembangkan jaringan pengisian daya berkekuatan tinggi di seluruh Eropa yang selanjutnya untuk kebutuhan charge mobil listrik.

Ionity bertujuan untuk membuat para pengemudi mobil listrik yang melakukan perjalanan jauh tidak kebingungan untuk mengisi daya mobil listrik mereka. Ionity nantinya akan berpusat di Kota Munich dan targernyta sebanyak 400 stasiun pengisian daya di Eropa telah terbangun pada 2020.

Sebagai tahap awal, mereka rencananya akan mambangun 20 stasiun pengisian daya di akhir tahun ini dan ditempatkan di jalan utama Austria, Jerman dan Norwegia. Masing-masing stasiun tersebut nantinya akan berjarak 120 km dan memiliki kapasitas hingga 350 kW per titik pengisian.

Masing-masing stasiun pengisian akan menggunakan European Combined Charging System Standard sehingga dipastikan dapat mengurangi waktu pengisian daya dibandingkan sistem yang saat ini sudah ada. Penggunaan standar ini juga membuat konsumen yang berkendara dengan mobil listrik lain melakukan pengisian daya.

Pada 2018, 100 stasiun pengisian daya rencananya akan dibangun. Menariknya, manufaktur lain pun juga diajak untuk membantu pengembangan jaringan dan Ionity merupakan salah satu cara agar mobil listrik semakin mudah diterima konsumen. [Adi/Ikh]


Komentar