4 Cara Mengendarai Motor Bagi Pemula (Bag. 2) Share this
Tips
Mode baca

4 Cara Mengendarai Motor Bagi Pemula (Bag. 2)

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 02 September 2016

Foto: 4 Tips Mengendarai Motor

JAKARTA - Mengendarai motor bisa disebut suatu bencana jika kita tidak memiliki kemampuan cukup tinggi. Jadi asah tingkat kemampuan mengendarai motor setelah membeli motor dan menggunakan safety gear.

Nah, setelah memperhatikan 5 poin utama dalam mengendarai motor, sebaiknya simak 4 poin lain guna meningkatkan keselamatan mengendarai kuda besi. Keempat poin ini di antaranya fokus pada aktivitas berkendara motor di jalan raya, mulai bagaimana mengantisipasi situasi di jalan raya ketika bahaya datang.

Berikut empat poin tersebut dilansir consumerreports:

1. Waspada dengan Pengemudi Mobil Sambil Main HP

Sebuah studi terbaru dikeluarkan oleh University of South Florida’s Center terhadap kondisi lalu lintas menyebutkan bahwa kecelakaan yang melibatkan sepedamotor dan mobil, pengendara mobil dianggap bersalah sebesar 60 persen. Tingginya tingkat kesalahan pengendara mobil karena sering kali dijumpai pengemudi mobil sambil main handphone.

Banyak pengemudi mobil tiba-tiba keluar dari jalur atau gang tanpa melihat kiri dan kanan akibat fokus ke hp. Kondisi ini menuntut pengendara jalan lain termasuk pengendara sepedamotor ekstra hati-hati. Anda harus bereaksi cepat jika menemukan tipikal pengendara mobil seperti itu.

2. Antisipasi Cuaca Buruk

Antisipasi intensitas curah hujan yang turun. Volume air hujan yang tinggi bisa mengurangi visibilitas (pandangan) ke depan dan mengurangi daya cengkram ban motor.

Kondisi jalan licin menuntut pengendara motor harus ekstra hati-hati. Jangan memacu motor pada kecepatan tinggi karena akan menyibukkan Anda ketika kendaraan di depan berhenti tiba-tiba.

Waspadai arah datangnya hembusan angin agar tidak terhempas ke sisi samping. Kondisi ini sangat berbahaya karena hembusan angin akan mendorong Anda ke jalur lain, sementara kendaraan dari arah belakang tidak bisa mengantisipasinya.

3. Perhatikan Rambu-rambu Lalu Lintas

Saat berkendara, seringkali Anda temui beragam rambu lalu lintas. Banyak pengendara yang tidak menaati tata tertib lalu lintas dan berujung tertimpa musibah kecelakaan.

Contoh memperlambat laju motor saat hendak melintasi rel kereta, tanda dilarang mendahului atau tanda jalan licin untuk mengurangi kemungkinan tergelincir hingga tanda jalan longsor.

4. Pastikan Motor dalam Sehat

Sebelum memulai perjalanan pastikan sepedamotor dalam kondisi sehat. Cek headlamp apakah memproduksi cahaya dengani baik, periksa lantai, rem. Dan memastikan ban pada tekanan angin yang tepat. Lakukan perawatan rutin sesuai anjuran pabrikan. [Ikh/Ari]


Komentar