3M Indonesia Turut Berupaya Turunkan Kecelakaan Lalu Lintas Share this

3M Indonesia Turut Berupaya Turunkan Kecelakaan Lalu Lintas

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 06 Desember 2019

JAKARTA - Dalam acara seminar yang digelar hari ini (5/12/2019), 3M Indonesia bersama Kementerian Perhubungan RI akan bekerjasama dengan kedutaan Besar Amerika Serikat, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di indonesia yang setiap tahunnya naik.

Acara seminar yang bertajuk “Towards Safer Roads: Safety Readiness for Highway Networks Rapid Growth in Indonesia” ini mendiskusikan tentang peningkatan keamanan pengguna jalan serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas.

Budi Setiyadi, selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI mengatakan, seminar ini menjadi platform bagi kedua negara untuk saling berdiskusi tentang keamanan berkendara.

“Pertemuan seminar ini memberikan perhatian terhadap peningkatan kerja sama di bidang transportasi, khususnya dalam hal peningkatan keselamatan lalu lintas jalan,” kata Budi.

Sebagai informasi, Indonesia termasuk salah satu negara penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Setidaknya, di Indonesia setiap tahunnya tercatat sekitar 26.000-29.000 jiwa tewas karena kecelakaan lalu lintas. Dengan angka diatas, maka di setiap harinya ada sekitar tiga kecelakaan yang terjadi di seluruh jalan tol Indonesia. 

Sedangkan menurut Global Status Report on Road Safety 2018 dari WHO, mengatakan 31,282 orang Indonesia meninggal disebabkan oleh kecelakaan di jalan raya, angka tersebut terdiri dari 76% pria dan 22% wanita. 

Shawn Lowry, Global Business Director for 3M’s Transportation Safety Division mengatakan, mengingat masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di indonesia, maka perlu standar keselamatan berkendara yang lebih konsisten serta tegas agar pengendara bisa patuh.

“3M mendukung terselenggaranya seminar ini serta senang dapat bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, kami akan membantu agar setiap anggota keluarga Indonesia dapat tiba di rumahnya dengan selamat,” jelas Shawn Lowry.

Lebih lanjut Audist Subekti, Director of Transportation and Electronics Business Group, 3M Indonesia, menjelaskan, melalui divisi Transportation Safety, 3M akan memberikan solusi keselamatan lalu lintas. Mulai dari lembaran reflektif yang berstandar ASTM D4956, stiker pemantul cahaya serta perlengkapan jalan lainnya.[Ric/Ari]
 


Komentar