2 Model Terkuat MINI juga Masuk Indonesia, Harga Tembus Rp 1M! Share this
Mobil Baru
Mode baca

2 Model Terkuat MINI juga Masuk Indonesia, Harga Tembus Rp 1M!

Insan Akbar
oleh Insan Akbar
pada 14 February 2020

JAKARTA – MINI tak hanya merilis New Clubman pada awal 2020. Pada hari yang sama, mereka juga meluncurkan dua model baru dengan mesin terkuat sepanjang sejarah MINI.

Ya, MINI langsung memperkenalkan 3 model anyar pada permulaan 2020, tepatnya pada Jumat (14/2/2020). Adapun model selain New Clubman ialah John Cooper Works Clubman plus John Cooper Works Countryman.

“Rangkaian kendaraan John Cooper Works terbaru hadir dengan beragam inovasi sehingga menjadi MINI paling kuat yang pernah ada,” tegas Kidd Yam selaku Head of MINI Asia dalam seremoni peluncuran di Jakarta.

Mobil istimewa ini tentu berharga ‘istimewa’ pula. John Cooperworks Countryman dibanderol Rp 1.170.000.000 off-the-road dan John Cooperworks Clubman sedikit di bawahnya yakni Rp 1.130.000.000.

Pengembangan pada John Cooper Works Clubman maupun John Cooper Works Countryman terbaru fokus pada performa. Di balik kap depannya terdapat mesin anyar 2.0-liter 4-silinder MINI TwinPower Turbo. Tenaganya mencapai 306 hp dengan torsi 450 Nm.

“Untuk pertama kalinya, pabrikan mobil asal Inggris yang sudah diakuisisi oleh BMW ini mempunyai mesin dengan tenaga lebih dari 300 hp,” ucap Yam.

Tenaganya meningkat 32 persen dari model sebelumnya. Sementara, torsinya meningkat 29 persen.

Sebagai padanannya, diberikan transmisi 8-percepatan Steptronic Sports Automatic Transmission plus kunci diferensial mekanis terintegrasi di gardan depan. Keunggulan terbaru lain adalah daya tersebut disalurkan kepada keempat roda lewat sistem All4 MINI.

Akselerasi 0 – 100 km/jam berkisar di 5 detik bagi kedua model. John Cooper Works Countryman mampu berlari 5,1 detik, sedangkan John Cooper Works Clubman 4,9 detik.

“Akselerasinya lebih cepat 1,4 detik (dari model terdahulu),” lanjut Yam.

John Cooper Works Clubman maupun John Coopers Works Countryman juga mencapai MINI pertama yang mampu menggapai kecepatan tertinggi 250 km/jam. Kemampuan tersebut makin terasa gahar berkat sistem pembuangan terbaru yang menghasilkan suara lebih menggelegar.

Pelonjakan performa membuat beberapa aspek juga diperkuat. Struktur bodi maupun sasisnya dibuat lebih rigid, suspense disetel ulang, dan kaliper remnya pun lebih besar.

“Dengan tenaga besar, datanglah responsivitas yang besar,” kata Yam sedikit memelintir ungkapan terkenal dari film Spider-Man.

Fitur-fitur mewah nan canggih tentunya ada. Seperti layar sentuh 8,8 inci dengan Apple CarPlay serta MINI Navigation System, Wireless Charging, Head-up Display, sistem suara dari Harman Kardon, Panoramic Sunroof. [Xan/Ari]


Komentar