13 Hal Menarik dari F1 Hungaria 2016 Share this
F1
Mode baca

13 Hal Menarik dari F1 Hungaria 2016

Adi Hidayat
pada 26 Juli 2016

BUDAPEST -  Ada banyak hal menarik dalam pertarungan di F1 Hungaria 2016. Selain direbutnya pemuncak klasemen pengemudi sementara, beberapa rekor juga berhasil dipecahkan. Lantas apa saja yang patut disimak dari seri ini? Berikut ulasannya.

  1. Ini adalah kemengangan kelima Lewis Hamilton di musim ini dan kemenangan kelima di F1 Hungaria. Hamilton pun mencatatkan dirinya sebagai pembalap paling banyak kemenangan di Hungaria, mengalahkan Michael Schumacher.
  2. Hamilton adalah satu-satunya pembalap saat ini yang telah mencetak lima atau lebih kemenangan di dua sirkuit berbeda. Selain Hungaria, Montreal merupakan sirkuit yang telah dimenangkan Hamilton sebanyak lima kali. Dengan ini maka dirinya menyamakan rekor Michael Schumacher, Alain Prost dan Ayrton Senna.
  3. Hamilton saat ini memiliki 48 kemenangan sepanjang karirnya dan tinggal meraih tiga kemenangan lagi untuk menyamai rekor Alain Prost sebagai pembalap kedua dengan kemenangan terbanyak.
  4. Hamilton menjadi pemuncak klasmen sementara untuk pertama kalinya di musim ini,
  5. Ini podium ketiga berturut-turut Daniel Ricciardo di Hungaria.
  6. Dengan finish kelima, Max Verstappen berhasil membuat Red Bull mengumpulkan 25 poin, 5 poin lebih banyak dari Ferrari. Hasil ini membuat Red Bull untuk kelima kalinya mengumpulkan poin lebih banyak dari Ferrari.
  7. Untuk kedua kalinya berturut-turut, Ferrari gagal meraih podium. Total, Ferrari telah tiga kali kehilangan podium di musim ini.
  8. Kimi Raikkonen berhasil mencatatkan fastest lap untuk ke-43 kalinya sepanjang karir di F1. Hasil ini merupakan fastest lap pertama di musim ini setelah sebelumnya Ia mencatatkan hasil yang sama di F1 Kanada musim lalu. Hasil tersebut membuatnya menjadi pembalap dengan torehan fastest lap terbanyak kedua sepanjang masa.
  9. Alonso menjadi pembalap paling konsisten di F1 Hungaria 2016. Pembalap McLaren tersebut finish peringkat ketujuh, Ia menyelesaikan 3 sesi latihan pada peringkat ketujuh dan menyelesaikan kualifikasi juga pada peringkat ketujuh.
  10. Carloz Sainz berhasil menaikkan posisinya dalam klasemen pembalap dengan finish kedelapan untuk ketiga kalinya berturut-turut.
  11. Force India meraih poin pertamanya di F1 Hungaria sejak tahun 2011 dengan finish di posisi sepuluh.
  12. Nico Hulkenberg mencetak poin pertama Force India di Hungaria sejak 2011 dengan tempat kesepuluh.
  13. Jenson Button menjadi satu-satunya pembalap yang tidak finish di F1 Hungaria. [Adi/Ikh]

Komentar