12 Tempat Wisata di Selatan Jawa Pantas Dikunjungi Selama Mudik Share this
Hangout
Mode baca

12 Tempat Wisata di Selatan Jawa Pantas Dikunjungi Selama Mudik

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 20 Juni 2017

Foto: Pantai Parangtritis, Jogja (Foto: http://anekatempatwisata.com)

JAKARTA - Bagi pemudik yang melalui atau menuju rute Selatan Pulau Jawa, dapat menikmati berbagai lokasi wisata unik dengan pemandangan sangat indah.

Mudik telah menjadi salah satu kegiatan wajib tahunan bagi masyarakat Indonesia. Wajar apabila tempat wisata unik dan menarik menjadi sasaran utama keluarga ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Daerah selatan Pulau Jawa ternyata menyimpan beragam tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa lokasi wisata menarik di selatan Pulau Jawa.

tempat wisata Kawah Putih, Ciwidey (Foto: www.kawahputihciwidey.com)

Kawah Putih, Ciwidey

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 km arah selatan kota Bandung, Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan ini juga mempunyai warna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu dan cuaca.

tempat wisata Trans Studio Bandung (Foto: www.transtudiobandung.com)

Trans Studio Bandung, Jawa Barat

Trans Studio Bandung merupakan tempat seru bagi keluarga besar maupun kecil. Indoor theme park ini punya banyak wahana permainan yang sangat seru.

Terdapat 20 wahana spektakuler yang terbagi menjadi tiga zona, yaitu Studio Central, kemegahan klasik ala Hollywood dan New York Lost City. Ada juga pertunjukan teater yang seru dan menghibur.

tempat wisata Candi Cangkuang, Garut (Foto: www.putriazlam.wordpress.com)

Candi Cangkuang, Garut

Tempat lain yang bisa disinggahi di Jawa Barat adalah Candi Cangkuang. Candi ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah bercorak Hindu yang berada di tanah Pasundan.

Candi ini berada di tengah danau yang bernama Situ Cangkuang. Pemandangan candi yang terletak di desa Cangkuang, kecamatan Leles atau berada di sebelah utara kabupaten Garut ini sangat cantik dengan kepungan danau di sekelilingnya.

tempat wisata Kampung Naga, Tasikmalaya (Foto: www.ezytravel.co.id)

Kampung Naga, Tasikmalaya

Di kampung adat ini Anda dan keluarga dapat belajar banyak budaya asli karena masyarakat di kampung ini masih menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal. Kampung Desa Neglasari terletak di Kecamatan Salawau, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kampung Naga dikenal dengan suasana yang alami dan menenangkan. Hamparan sawah dan hutan yang berwarna hijau mampu menyejukkan mata, pikiran dan udara sejuk.

tempat wisata Pantai Batu Karas, Ciamis (Foto: www.matajatim.com)

Pantai Batu Karas, Ciamis

Batu Karas adalah pantai dengan pemandangan indah, berlokasi tidak jauh dari Pangandaran, Jawa Barat. Selain suasana tenang, Pantai Batu Karas memiliki pasir landai dan air laut yang cenderung tenang.

Anda dapat menikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi sambil menikmati hidangan di restoran yang tersedia. Ketika matahari terbenam, pemandangan dari pantai ini tampak lebih sempurna.

tempat wisata Green Canyon, Ciamis (Foto: www.maxtrotour.com)

Green Canyon, Ciamis

Selain Batu Karasm, di Ciamis juga terdapat tempat wisata eksotis yang kini sedang populer di media sosial. Green Canyon di Desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis mendadak menjadi populer di Tanah Air sejak beberapa tahun ini berkat pemandangannya yang luar biasa.

Green Canyon lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar yang memiliki makna jembatan tanah. Di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun. Green Canyon disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon Colorado di Amerika.

tempat wisata Baturaden, Banyumas (Foto: www.fotoo-gambar.blogspot.com)

Baturaden, Banyumas

Baturaden adalah sebuah taman rekreasi yang dilengkapi dengan beragam wahana kolam renang. Di dalamnya juga terdapat taman bermain dengan konsep komedi putar klasik.

Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan piknik di hamparan rumput nan hijau serta bermain ditemani sejuknya angin. Di tempat ini juga terdapat waterboom dan Bumi Perkemahan Taman Kaloka Widya Mandala yang memiliki koleksi satwa langka di Taman Bitanin.

tempat wisata Benteng Pendem, Cilacap (Foto: www.panoramio.com)

Benteng Pendem, Cilacap

Dilihat dari luar Beteng Pendem lebih mirip seperti bunker karena berada agak masuk ke dalam tanah sedalam 3 meter dan tidak terlihat dari laut. Situs sejarah yang berdiri sejak tahun 1877 ini terlihat masih sangat terawat.

Sebagai benteng, peninggalan sejarah ini dibangun cukup lengkap dengan kamar sebanyak 60 buah, gudang amunisi, dapur dan ruang medis. Pada bagian selatan benteng terdapat sebuah makam kuno dengan pohon besar di sampingnya.

tempat wisata Pantai Sundak, Jogja (Foto: www.tentangindonesiaku.com)

Pantai-pantai di Yogyakarta

Masuk ke kabupaten Gunungkidul dan Bantul di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda akan disuguhkan pemandangan pantai selatan nan indah. Setidaknya 10 pantai di daerah ini telah menunggu kedatangan Anda dan keluarga.

Masing-masing pantai memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pasir landai, penuh dengan batu karang, pantai untuk berselancar hingga lokasi paling asyik untuk menyaksikan matahari tenggelam.

tempat wisata Pantai Klayar, Pacitan (Foto: www.wisatajawa.co.id)

Pantai-pantai Pacitan

Pemudik yang datang dari arah barat menuju ke kota Pacitan akan melewati banyak sekali tempat wisata keren di kabupaten ini. Daerah ini memiliki banyak gua dan pantai indah yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan singgah ketika mudik melewati jalur selatan pulau Jawa.

Pacitan kaya akan pantai berombak besar, kebanyakan pantai di sini adalah lokasi yang cocok untuk belajar surfing. Beberapa pantai di Pacitan yang layak untuk menjadi pilihan Anda yaitu Pantai Klayar, Pantai Watu Karung, Pantai Sidomulyo dan masih banyak lagi.

tempat wisata Agrowisata Kota Batu (Foto: www.wisatamalang.info)

Agrowisata Kota Batu

Kebun Apel Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Jawa Timur berada di Jalan Abdul Gani Atas. Lokasi wisata ini hanya berjarak sekitar 2,5 km dari pusat Kota Batu.

Di kawasan ini Anda bisa berkeliling di kebun apel dengan ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Anda dan keluarga juga bisa mengambil paket-paket wisata apel di mana pengunjung berhak untuk memtik apel ketika memasuki kebun apel ini. Tempat wisata ini juga menyediakan mobil wisata khusus bagi pengunjung.

tempat wisata Gunung Bromo, Pasuruan (Foto: www.blamethemonkey.com)

Gunung Bromo, Pasuruan

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.392 m dpl ini menawarkan pemandangan luar biasa pada pagi dan sore hari.

Untuk menikmati pemandangan dari gunung Bromo, para wisatawan akan menuju ke View Point terlebih dahulu. View Point merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan keindahan gunung Bromo dari ketinggian.

Ada lima tempat yang bisa di gunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit, diantaranya Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit KingKong dan Puncak B29. [Amo/Ikh]

Sumber: ayomudik.pu.go.id


Komentar