100 Tahun Mazda Pernah Bikin Motor Roda-3 Share this
Berita Motor
Mode baca

100 Tahun Mazda Pernah Bikin Motor Roda-3

Denny Basudewa
pada 02 Februari 2020

Foto: Mazda-Go

HIROSHIMA – Mazda Corporation memasuki usia 100 tahun sebagai produsen mobil berteknologi canggih, namun mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa mereka pernah memproduksi sepedamotor roda-tiga.

Pada 1920, sebuah perusahaan bernama Toyo Cork Koygo di Hiroshima, Jepang, hadir sebagai produsen alat-alat mesin dan gabus. Lalu pada 1927, perusahaan tersebut berubah nama menjadi Toyo Koygo dan mulai memproduksi sepedamotor 2-Tak 250 cc pada 1930.

Menurut media-media Jepang, kendaraan tersebut sangatlah kencang dan bisa mengalahkan Ariels dalam sebuah balapan. Motor pertama ini hanya dibuat sebanyak 31 unit, lalu manufaktur tersebut menghadirkan inovasi lagi dengan menghadirkan sepedamotor roda-tiga bernama Mazda-Go.

Adalah Jujiro Matsuda yang merupakan presiden perusahaan yang meminjamkan nama Mazda. Kemudian lahir Mazda-Go pada 1931 sebagai kendaraan roda-tiga yang pada saat itu masih dianggap aneh. Sejak pertama kali dipasarkan, Mazda-Go terjual 66 unit dan banyak digunakan sebagai kendaraan militer.

Tidak hanya sukses di dalam negeri (Jepang), Mazda-Go juga meluncur di China pada 1932. Produk ini berhasil menembus pasar China memanfaatkan jaringan dealer Mitsubishi Corporation hingga 1936. Selanjutnya Mazda mulai bisa memasarkan produknya secara mandiri. Jaringan Mitsubishi sendiri dimanfaatkan karena brand berlambang Tiga Berlian tersebut merupakan pembuat mobil pertama di Jepang pada 1917.

Guna membuktikan keandalannya, Mazda-Go ‘disiksa’ untuk melakukan perjalanan selama 25 hari, dengan melakukan perjalanan lebih dari 2.700 kilometer. Salah satu pemicu keberhasilan Mazda adalah biaya produksi yang lebih murah, selain pajak lebih murah daripada kendaraan roda empat.

Mazda saat ini telah menjadi manufaktur besar di Jepang dengan produk-produk mobil nan inovatif. Meskipun tidak ada lagi motor Mazda di dunia, karya pertamanya bisa Otospirit Lovers nikmati di bawah ini. [Dew/Idr]
 

 


Komentar