10 Tips Merawat Helm Share this
Tips
Mode baca

10 Tips Merawat Helm

Denny Basudewa
pada 24 Juni 2016

Foto: helm harus dirawat agar tidak mudah rusak

JAKARTA – Helm merupakan salah satu alat pelindung vital ketika mengendarai motor. Agar tidak mudah rusak, helm perlu mendapatkan perawatan secara berkala.

Berikut 10 cara merawat helm:

  1. Sebagai pelindung kepala, helm memiliki dimensi cukup besar. Salah satu cara yang benar untuk menenteng helm adalah mengalungkan tali pada tangan. Jangan pernah menenteng helm dengan memegang bagian dagu. Sangat disarankan untuk menggunakan tas helm.
  2. Helm Anda bukanlah bagasi tempat penyimpanan barang. Beberapa pabrikan motor baru telah menyediakan ruang bagasi yang cukup luas. Sehingga jangan jadikan alat pelindung kepala tersebut sebagai koper.
  3. Membersihkan helm setidaknya dua kali dalam satu tahun. Pastikan untuk menggunakan mild soap dan air saat membersihkan helm. Jangan pernah menggunakan sabun yang mengandung unsur kimia dan asam yang kuat ketika membersihkan helm.
  4. Busa helm didesain untuk untuk mudah dicopot sehingga mudah dirawat. Peranti satu ini sangat rentan terkena kotoran, keringat dan bakteri. Dan biasakan untuk mengeringkan pelindung kepala ini dengan panas alami.
  5. Kaca helm adalah bagian terpenting dari helm, maka bagian ini juga memerlukan perhatian khusus. Jangan malas untuk mengelap kaca helm setelah terkena air hujan. Hal ini berguna untuk mencegah datangnya jamur. Segera ganti kaca jika sudah terlalu banyak goresan.
  6. Helm memiliki lubang ventilasi guna memberikan sirkulasi maksimal pada kepala. Lubang ini harus dibersihkan setidaknya sekali dalam satu minggu. Anda dapat menggunakan cotton bud atau angin bertekanan tinggi untuk melakukannya.
  7. Simpan helm kesayangan Anda di tempat aman. Jauhkan alat pelindung kepala ini dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.
  8. Jangan pernah menggantung helm Anda pada setang, spion bahkan sein. Hal ini untuk mencegah jatuhnya helm yang dapat berakibat kerusakan.
  9. Meskipun helm didesain dengan bahan yang kuat, jika terjatuh peranti ini akan mengalami penurunan kualitas. Sebaiknya jaga baik-baik peranti keselamatan satu ini.
  10. Bertugas sebagai alat pelindung kepala, jangan asal dalam memilih helm. Pastikan barang yang Anda pilih memiliki kualitas tinggi. Sesuaikan ukuran helm dengan diameter kepala, jangan sampai kekecilan atau kebesaran.

Jadi pastikan Anda merawat helm kesayangan dengan benar agar tidak menyesal pada kemudian hari. Sayangi alat pelindung kepala layaknya menyayangi kepala Anda. [Dew/Ikh]


Komentar