Menyiksa Tata Xenon XT di Megamendung

Tata Xenon XT
Tata Xenon XT Foto: Deny Basudewa

BOGOR – Tata Xenon XT diuji kemampuan offroadnya di Jeep Station indonesia (JSI) hari ini (16/03/2017).

Tata Motors Distribusi Indonesia, melakukan sesi uji coba salah satu produk unggulannya yakni Xenon XT dengan melibatkan para jurnalis otomotif. Menggunakan tempat offroad buatan, kendaraan berjenis double cabin dari Tata menunjukkan ketangguhannya.

Didampingi oleh offroader kawakan Tunggul Birawa, Otospirit berkesempatan untuk “menyiksa” sistem suspensi dan sokongan torsi yang paling besar di kelasnya. Tata Xenon XT Double Cabin mengawinkan suspensi depan double wishbone dengan leaf spring pada bagian belakang. Hal ini jelas memberi pengaruh pada handling dan kenyamanan kendaraan.

Tidak hanya itu, kendaraan niaga ini menyuguhkan mesin diesel yang paling mumpuni di kelasnya. Tata Xenon XT, mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 148 hp pada 4.000 rpm. Yang paling menyenangkan adalah torsi besar yang disajikan mobil ini. Tata Xenon XT menyajikan torsi sebesar 320 Nm mulai 1.500 rpm – 3.000 rpm.

Memiliki torsi cukup besar, membuat Tata Xenon XT dengan mudah menaklukkan segala rintangan di JSI. Tempat offroad yang terletak di kawasan Puncak, Bogor, Jawa barat ini sendiri menawarkan berbagai kesulitan bagi kendaraan.

Tata Xenon XT
Tata Xenon XT

JSI membuat pengendara terampil mengendalikan kendaraan dalam kondisi menanjak, turunan tajam, tikungan patah, kubangan dan masih banyak lagi. Meskipun kami (OS) belum terlalu handal dalam hal offroad, namun Tata Xenon XT cukup mudah dikendalikan.

Sebagai pembalap offroad berpengalaman, Tunggul mengatakan bahwa sebagai kendaraan niaga satu ini memiliki kemampuan luar biasa. Torsi yang besar membuat pengendara amatir sekalipun bisa menaklukkan medan yang cukup berat.

“Mobil ini biarpun bukan untuk offroad tapi punya modal yang bagus. Ngga perlu mengeluarkan seluruh kemampuan kendaraan untuk bisa beraksi di sini (JSI). Torsinya cukup besar, ditambah lagi dengan sistem kontrol kendaraan diatur secara elektrik,” jelas Tunggul pada saat menguji coba Tata Motors Distribusi Indonesia.

Pihak Tata Motors sendiri menurunkan satu unit Xenon XT yang telah mengalami sedikit modifikasi terkait keselamatan. Terbukti meskipun melewati genangan air cukup tinggi, mobil ini tetap mampu melewatinya. Kendaraan yang dijual seharga Rp 324 juta on-the-road ini cukup memuaskan untuk konsumen yang membutuhkan mobil niaga namun tangguh. [Dew/Ikh]