Menaklukkan Medan Terjal Bromo Bersama Kawasaki Versys-X 250

Menaklukkan Medan Terjal Bromo
Test Ride Kawasaki Versys-X 250

PROBOLINGGO – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengadakan sesi test ride produk terbarunya Versys-X 250 di Gunung Bromo, Jawa Timur (23-25/02).

Puluhan awak media berkesempatan menguji ketangguhan model adventure terbaru KMI. Produk yang diluncurkan pada 30 November silam tersebut diajak untuk menaklukkan tanjakan terjal Bromo.

Kawasaki Verys-X 250 yang disediakan oleh KMI sendiri terdiri dari dua varian yakni City Version dan Tourer. Sebagai motor petualang, tampilan kuda besi ini cukup menarik karena menunjukkan wujud kokoh dan kekar.

Berbekal mesin yang sama dengan Ninja 250, motor touring ini diklaim menawarkan putaran tenaga besar sejak putaran rendah hingga tengah. Hal ini dikatakan pihak KMI sebelumnya karena pabrikan asal Jepang tersebut melakukan pengubahan seting pada ECU.

Penasaran dengan kemampuan mesin dan suspensi motor yang diklaim dirancang nyaman untuk menempuh perjalanan jauh, kami (tim OS) segera mencoba produk terbaru KMI tersebut (tipe Tourer). Menaklukkan medan terjal Bromo bagi pengendara dengan tinggi badan kurang dari 170 cm, kaki akan sedikit jinjit. Namun bobot motor seberat 184 kg (tipe tourer) memudahkan kami mengendalikan tunggangan.

Seperti dijelaskan di atas, Kawasaki Versys-X 250 mempunyai tenaga lebih besar pada putaran bawah hingga menengah. Hal ini terbukti saat kami mencoba akselerasi motor berkapasitas 249 cc tersebut. Hentakan motor cukup kencang pada saat start. Perpindahan gigi 1,2 dan 3 juga terbilang cukup pendek khas motor adventure.

Rute pertama yang kami lalui adalah jalanan menurun tajam dan berkelok. Tidak hanya itu, beberapa median jalan juga terlihat berlubang cukup besar. Penggunaan long-travel suspension yang diklaim kokoh oleh KMI membuktikan ketangguhannya.

Beberapa kali kami dengan sengaja menghadapi lubang tersebut, namun Kawasaki Versys-X 250 tetap stabil dikendarai. Desain joknya mampu menjaga kenyamanan ketika kami menghajar lubang, sementara batang kemudi tetap nyaman dalam genggaman.

Tantangan selanjutnya adalah menapaki tanjakan terjal dan berkelok. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah bagi Kawasaki Versys-X 250. Torsi motor sebesar 21,7 nm membuat kami cukup percaya diri menaklukkan medan terjal Bromo. Menghadapi tikungan tajam, motor juga tetap stabil berkat penggunaan ban yang cukup lebar 100/90-19 (depan) dan 130/80-17 (belakang).

Bodi motor yang tidak terlalu besar juga menyakinkan kami saat menyalip kendaraan lain. Hanya saja butuh penyesuaian bagi yang belum terbiasa menggunakan motor dengan boks samping atau panniers. Pada tipe Tourer, terdapat beberapa aksesori tambahan seperti side panniers, fog lamp, hand guards, engine guard, DC outlet dan centre stand. [Dew/Ikh]