Valerie Thompson, Wanita "Tercepat" di Dunia Share this
Balap Lain
Mode baca

Valerie Thompson, Wanita "Tercepat" di Dunia

Adi Hidayat
pada 14 September 2016

Foto: Valerie Thompson

UTAH - Berbicara soal kecepatan, Valerie Thompson adalah jagonya. Wanita lahir pada 17 April 1967 silam itu sangat akrab dengan hobi yang biasanya disesaki oleh kaum adam.

Terakhir, Ia baru saja kembali memecahkan rekor mengendarai kendaraan "7" Streamliner dengan kecepatan 489,2 kpj di dataran garam Bonneville Salt Flats, Amerika Serikat pada 1 September.

Pada percobaan pertama, pecinta drag race itu berhasil mengendarai motornya hingga kecepatan 473 kpj. Dan yang kedua tembus 489 kpj. Tidak puas, wanita berambut pirang ini mencoba untuk yang ketiga, dan berhasil mencapai kecepatan 503,7 kpj.

Hal menarik lain adalah ketika Valerie mencapai kecepatan 503,7 kpj sejauh 3 mil (4,8 km). Uji coba sebelumnya Ia membutuhkan lintasan sejauh 5 mil (8 km).

Seperti diberitakan hasil tersebut selanjutnya mendapat gelar World’s Fastest Female Motorcycle Racer.

“Saya bermimpi tentang ini sejak pertama kali ikut balap. Ini tidak mungkin terjadi tanpa Denis Manning dan pemilik tim Jogn Jans dan Joe Harralson," kata Valerie.

Valerie Thompson Valerie Thompson "7" Streamliner

Kiprahnya di dunia balap roda tercatat sebagai pemegang rekor darat tujuh kali sekaligus anggota banyak sekali klub fans kecepatan, yaitu Bonneville Motorcycle Speed Trials 201 MPH Club, Mojave Magnum 200 MPH Club, ECTA 200 MPH Club dan Texas Mile 200 MPH Club.

Bagi Valerie, kecepatan sudah mendarah daging sejak Ia beranjak dewasa. Bahkan Ia sempat menaklukkan BMW S1000RR hingga mampu bergerak hingga kecepatan 341 kpj. Menurut rencana, Ia akan membalap di NHRA Pro Stock pada 2017. [Ikh/Ikh]


Komentar