Jerman Tidak Gelar F1 Tahun Depan Share this
F1
Mode baca

Jerman Tidak Gelar F1 Tahun Depan

Denny Basudewa
pada 26 November 2016

Foto: F1 Jerman 2016

HOCKENHEIM – Sirkuit Hockenheim Jerman absen menjadi tuan rumah F1 pada 2017.

Keputusan ini dibenarkan oleh pemilik dari sirkuit tersebut Georg Seiler. Menurutnya, hal ini terjadi karena dirinya gagal menemui kata sepakat dengan CEO F1 Bernie Ecclestone. Dengan adanya berita tersebut, maka F1 2017 hanya akan berjumlah 20 seri saja.

“Tidak ada tawaran yang menguntungkan bagi kami, padahal kondisinya kami ingin terus mempertahankan tempat kami (untuk menjadi tuan rumah F1). Situasi ini sangat disesalkan tapi sejujurnya tidak mengagetkan,” ujar Seiler.

Menurutnya F1 Jerman di Hockenheim sejak awal hanya sementara. Disebutkannya bahwa sirkuitnya tidak pernah menandatangani kontrak dengan F1.

Sementara Ecclestone juga menyayangkan Jerman harus absen menggelar balapan Jet Darat musim depan. Menurutnya Jerman mempunyai banyak juara dunia di F1. Selain itu juara konstruktor juga merupakan tim asal Jerman. Namun balapan di sana tidak ada sama sekali tahun depan.

“Mereka mengatakan atau saya pikir mereka mengatakan, bahwa kami harus melanjutkan syarat dan kondisi seperti dua atau tiga tahun lalu. Hal ini tentunya tidak baik untuk kami. Kami mencoba untuk menyelamatkan mereka, tapi mereka menyalahi aturan,” ujar Ecclestone.

Tampaknya F1 akan banyak kehilangan seri pada musim-musim mendatang. Sebelum konflik dengan Hockenheim merebak, kasus sirkuit Sepang sudah lebih dahulu bergulir. F1 dianggap sudah tidak menarik dan menguntungkan lagi bagi penyelia acara.

Hal ini terlihat dari penurunan jumlah penonton setiap tahun. Regulasi yang bertujuan untuk turut menjaga alam, justru mendapat reaksi keras dari para pencinta balapan single seater ini. Ciri khas F1 yang kerap disebut sebagai Jet Darat seolah kehilangan giginya belakangan ini. [Dew/Ikh]


Komentar