Ducati Kembangkan Winglet Baru yang Lebih Aman untuk MotoGP 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Ducati Kembangkan Winglet Baru yang Lebih Aman untuk MotoGP 2017

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 19 November 2016

Foto: Motor Ducati masih pakai winglet saat tes pramusim MotoGP 2017

VALENCIA - Ducati sepertinya belum bisa "move on" masih menggunakan Winglet di motor Desmosedici GP17 yang ditunggangi Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo saat melakoni ujicoba pramusim MotoGP 2017.

Seperti diketahui, perangkat aerodinamis itu dilarang keras untuk digunakan pada setiap motor balap di musim MotoGP 2017. Dan pabrikan seperti Ducati, Honda, Yamaha terus terhimpit tidak bisa menggunakan sayap tambahan seperti MotoGP tahun ini.

Grand Prix Commission melihat ada potensi membahayakan para rider di lintasan jika perangkat itu tetap digunakan.

Penggunaan winglet pada motor Ducati pun mendapat tanggapan dari mantan pembalap Ducati yang kini menunggangi LCR Honda, Cal Cruthlow. Ia menilai, tim asal Italia itu seperti punya strategi lain dengan masih menggunakan winglet pada Desmosedici GP17 saat tes pascamusim MotoGP 2016.

Cruthlow menduga, tim ciri khas merah itu seperti sedang mencari "obat penawar" karena tetap mengaplikasikan perangkat aerodinamis pada fairing. Ia menjelaskan bahwa Ducati tampak sedang mengembangkan sayap baru namun bukan disebut winglet yang membahayakan dan sudah tidak diperbolehkan lagi.

"Mereka punya beberapa alasan tetap menggunakan winglet tersebut. Mungkin mereka akan membuat fairing dengan perangkat aerodinamis yang lebih canggih dan langkah tersebut sedang mereka lakukan (sebelum musim depan). Saya tahu cara Ducati bekerja, mereka sangat pintar," tegas Cruthlow mengutip crash.net. [Ikh]


Komentar