IMOS 2016 Gelar Edukasi Berkendara Sepedamotor Share this
Tips
Mode baca

IMOS 2016 Gelar Edukasi Berkendara Sepedamotor

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 04 November 2016

Foto: Safety riding class IMOS 2016

JAKARTA - Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 tidak hanya menampilkan berbagai macam merek sepedamotor, melainkan juga bisa dijumpai kelas safety riding untuk para pengunjung. Acara ini masih bagian dari AISI selaku penyelenggara IMOS.

Selama ini, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang selalu menunjukkan kepeduliannya terhadap industri sepedamotor dalam negeri dengan selalu mendorong APM menghadirkan berbagai macam inovasi teknologi terbaru dari produk-produknya.

Pada IMOS 2016 kali ini, AISI menggelar coaching clinic tentang keselamatan berkendara roda dua. Fasilitas ini digelar selama pameran berlangsung dan terdiri dari dua sesi yaitu teori dan praktek.

Menariknya, tips-tips mengusung tema 'Motorcycle Touring'. Alasannya tema ini karena merupakan salah satu kegiatan bikers yang paling diminati.

Namun untuk dapat melakukan kegiatan tersebut dengan benar membutuhkan pengetahuan lebih mendalam. Sebelum melakukan kegiatan touring, bikers diharapkan untuk mempersiapkan diri baik itu secara fisik, mental dan kemampuan berkendara.

touring

Perencanaan merupakan aspek paling penting guna memaksimalkan kegiatan ini, sehingga sebelum melakukan touring perlu melakukan pengamatan terlebih dahulu. mulai jarak tempuh, kondisi cuaca, kondisi jalan dan lama perjalanan.

Setelah melakukan berbagai macam persiapan tersebut, bikers diharapkan dapat mengendarai sepedamotor dengan benar. Pilihan sepedamotor untuk touring juga perlu diperhatikan.

Dalam edukasi tersebut menjelaskan bahwa tidak semua jenis motor aman diajak touring jauh, seperti skutik tidak disarankan untuk digunakan untuk touring karena pada dasarnya sepedamotor jenis ini dibuat untuk mobilitas dalam kota saja. Lebih baik menggunakan sepedamotor berjenis sport, adventure dan touring.

Selama dalam perjalanan peserta touring diharapkan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan orang lain dan diri sendiri, memperhatikan batas kecepatan di samping membawa surat-surat yang lengkap.

Sekedar informasi safety riding class ini diselenggarakan di area lower ground dan terbagi dua sesi dalam satu hari yaitu sesi pertama mulai pukul 14.00-15.00 WIB dan sesi kedua mulai 16.00-17.00 WIB, sejak 2-6 November 2016. [Amo/Ikh]


Komentar