NextEV NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat Sejagat Ini Share this

NextEV NIO EP9, Mobil Listrik Tercepat Sejagat Ini

Denny Basudewa
pada 22 November 2016

Foto: Mobil listrik NextEV NIO EP9

BEIJING - Mobil listrik dibuat dengan tujuan lebih ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar. Namun di tangan NextEV, perusahaan asal China, mobil listrik lebih dari sekedar itu.

NextEV membuat konsep mobil listrik yang dinamai NIO EP9 dan klaim mereka sebagai tercepat di dunia. Sebab, mobil dengan empat motor listriknya bisa memuntahkan tenaga 1 MegaWatt, yang setara dengan 1.360 ps (1.341 hp). Tenaga ini hampir menyamai Bugatti Veyron. Perusahaan otomotis asal Amerika Serikat, Tesla dipastikan merinding melihat mobil ini.

NIO EP9 melakukan debut dunia di Saatchi Gallery, London, Inggris, Selasa (21/11/2016).

Dalam keterangan resminya, dengan tenaga sebesar itu mobil listrik ini mampu melesat dari 0-200 kpj dalam hitungan waktu 7,1 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 313 kpj.

Baterainya telah didesain sedemikian sempurna untuk bisa terisi penuhu hanya dalam 45 menit proses pengisian. Dengan kondisi penuh, mobil ini bisa menjangkau jarak sejauh 427 km.

Secara tampilan eksterior, desain NextEV NIO EP9 sangat aerodinamis dan mirip sports car asal Eropa. Pabrikan mengakui NIO EP9 adalah mobil listrik visioner dan akan membuat pengemudinya merasakan kenikmatan berkendara serta sangat menyenangkan.

Guna membuktikan kemampuan mobil listrik NextEV NIO EP9, pabrikan pernah menguji coba di sirkuit Nurburgring Nordschliefe, Jerman pada 12 Oktober 2016.

Dalam uji coba tersebut, mobil listrik NIO EP9 mampu melahap lintasan sepanjang 20,8 km dalam waktu 7 menit 05,12 detik, mengalahkan rekor mobil listrik sebelumnya dan menjadikannya sebagai mobil listrik tercepat di dunia.

William Li, pendiri NextEV mengatakan, NIO EP9 dihadirkan untuk mendobrak pakem mobil listrik di dunia dan sebagai wujud baru mobil listrik di masa depan. [Dew/Ikh]


Komentar