Begini Wujud VW Combi Masa Depan

VW I.D. Buzz Concept
Mobil konsep VW I.D. Buzz Concept

DETROIT – Volkswagen menghadirkan dua mobil konsep listrik di Detroit Auto Show 2017. Bisa dibilang ini adalah wujud VW Combi masa depan

Oleh Volkswagen, konsep mobilnya dinamai I.D. Buzz Concept dengan sistem penggerak roda all-wheel-drive (AWD). Ini merupakan pengembangan dari VW BUDD-e Concept yang telah melakukan debut dunia tahun lalu.

Namun VW I.D Buzz Concept menampilkan desain lebih segar dan menarik, sebab dilengkapi dengan desain fascia depan terbaru, lampu depan LED, bumper baru. Sementara lampu belakang mengenakan wrap-around LED.

Pada bagian interiornya akan terlihat sangat canggih. Jok depan dapat berputar 180 derajat dan jok belakang dapat direbahkan, jok tengah dapat dilipat dan dijadikan meja kecil.

Volkswagen I.D. Buzz Concept akan menggunakan baterai berkapasitas 111 kWh dengan dua motor listrik, satu di bagian roda depan dan satu di roda belakang. Kedua mMotor listrik tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 369 hp.

Mobil konsep ini diklaim mampu melaju 0-96 kpj hanya dalam 5 detik dan dapat menempuh jarak sejauh 434 km dengan sekali charge. Baterainya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mengisi daya baterai hingga 80 persen ketika diisi dengan daya sebesar 150 kW.

Kian menarik ketika konsep mobilnya telah dilengkapi dengan sistem bergerak otomatis (otonom). Cara kerja hanya dengan menekan satu tombol saja, lingkar kemudi akan bergerak secara otomatis dan terkoneksi dengan sensor-sensor yang tersebar di jalan.

Sensor-sensor tersebut antara lain sensor laser, ultrasonic, radar, kamera samping dan kamera depan. Dengan ini Volkswagen ingin menunjukkan mobil otonom multifungsi pertama di dunia.

Mobil otonom ini diyakini akan mulai masuk proses produksi pada 2025. [Amo/Ikh]