Aston Martin AMR Gemparkan China

Aston Martin AMR
Aston Martin AMR

SHANGHAI – Aston Martin AMR melakukan debut di Asia dengan mengusung dimensi terbaru, memiliki performa dan sisi dinamis mobil balap.

Aston Martin AMR telah menyematkan teknologi canggih dengan mengusung karakter motorsport dalam hal desain mesin dengan performa lebih baik yang diyakini akan memberikan pengalaman mengemudi mobil balap.

Ada dua tipe yaitu Rapide AMR dan Vantage AMR Pro. Tipe pertama menjadi varian teratas di model ini dengan mengusung model 4-door sports car. Sedangkan Vantage AMR Pro diklaim akan menjadi bukti filosofi ‘Track to Tarmac’ yang akan memberikan sensasi balap lebih kepada konsumen.

Eksterior Rapide AMR sendiri tampil lebih sporty berkat adanya bumper depan dan grille baru, splitter depan baru, side skirts, spoiler dan diffuser. Untuk interiornya, sports car ini telah dilengkapi dengan jok serat karbon, center stack, konsol tengah dan menggunakan warna dark gray Alcantara dengan aksen berwarna gray serta lime green.

Rapide AMR diproduksi langsung oleh divisi Aston Martin Advanced Operation guna memaksimalkan performa sports car terbaru ini. Aston Martin Rapide AMR dipersenjatai mesin 6.0-liter V12 mampu menyemburkan tenaga 592 hp dan memiliki kecepatan maksimal 337 kpj.

Sedangkan eksterior Vantage AMR Pro telah dilengkapi dengan new splitter, fender, side skirts dan diffuser yang agak berbeda. Sedangkan untuk interiornya memiliki kesamaan dengan Rapide AMR.

Vantage AMR Pro mengusung gudang mesin 4.7-liter V8 yang mampu menyemburkan tenaga 500 hp. Performa mesin ini tidak perlu diragukan lagi karena telah terbukti di World Endurance Championship.

“Aston Martin AMR merupakan produk yang sangat ingin kami berikan kepada konsumen. Sports car seperti Vantage GT8 dan GT12 telah menunjukkan bahwa konsumen kami sangat menyukai kecepatan dan desain mobil balap. Dengan Aston Martin AMR, kami dapat membuat platform yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” tutur Dr Andy Palmer, President and CEO Aston Martin.

Rapide AMR melakukan debut di Shanghai Auto Show 2017, sedangkan Vantage AMR Pro telah melakukan debut lebih dahulu di Geneva Motor Show 2017. Kedua sports car ini masuk dalam produksi dengan jumlah terbatas.

Rapide AMR hanya diproduksi sebanyak 210 unit dan Vantage AMR Pro hanya diproduksi 7 unit. Ke depannya, desain dan karakter kedua model sports car ini akan diaplikasikan di seluruh produk terbaru Aston Martin. [Amo/Ikh]