Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Ungguli Mobil LCGC Share this
Berita Mobil
Mode baca

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Ungguli Mobil LCGC

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 07 February 2017

JAKARTA - Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid diklaim mencapai 22.6 km per liter. 

Inilah salah satu keunggulan yang digadang oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Dengan dilengkapi teknologi common rail direct injection plus SHVC (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), mesin diesel bertenaga 88 Hp dan torsi 200 Nm pada 1750 rpm ini lebih irit dari mobil LCGC (low cost green car) mesin diesel. Tapi untuk mencapai konsumsi BBM lebih rendah dari mobil murah, maka Anda sebagai pemiliknya harus menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan anjuran dari pabrikan, selain gaya mengemudi Anda harus menganut eco driving.

"Dengan teknologi diesel terbaru, BBM (bahan bakar minyak) yang disarankan adalah Pertamina Dex atau diesel dengan cetane number (CN) 51. Dan dengan pemakaian normal, konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22.6 km per liter," Jelas Donny Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Klaim konsumsi BBM ini tergolong menarik. Dengan 22.6 km per liter, pesaing Honda Mobilio ini sudah melampaui syarat konsumsi minimum BBM yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mobil LCGC.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menentukan syarat konsumsi BBM untuk mobil LCGC: "Ketentuannya ditetapkan untuk motor bakar cetus api kapasitas isi silinder 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, dan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara”.

Terlepas dari keunggulan konsumsi BBM, harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid pun menarik, yaitu Rp 219,5 juta.

Ini semua sangat menarik, karena Anda akan mendapatkan sebuah MPV dengan kapasitas 7 penumpang dan berbasis sedan Suzuki Swift, teknologi mesin diesel hybrid yang ramah lingkungan, serta harga menarik.

Sebagai informasi tambahan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid diimpor secara utuh (completely built up = CBU) dari India. Suzuki Indomobil menargetkan penjualannya 20% dari total penjualan Ertiga. [Ikh]


Komentar