BMW 7 Series Diproduksi di Sunter Share this
Berita Mobil
Mode baca

BMW 7 Series Diproduksi di Sunter

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 30 November 2016

JAKARTA – Untuk pertama kalinya BMW Group Indonesia meluncurkan BMW 7 Series rakitan pabrik Gaya Motor Sunter, Jakarta. Kendati dirakit di Indonesia, BMW 7 Series tetap mempertahankan kualitas sama dengan BMW 7 Series versi CBU.

“Hal ini merupakan catatan bersejah bagi BMW Indonesia karena untuk pertama kalinya dalam 15 tahun berdirinya BMW Indonesia, BMW 7 Series dirakit secara lokal,” ungkap Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dari sisi eksterior, BMW 7 Series hadir dengan beberapa perbedaan. Mobil ini merupakan sedan pertama BMW yang mengawinkan Active Kidney Grille dengan kontrol katup udara. Katup udara tersebut hanya akan terbuka ketika ada peningkatan dalam kebutuhan pendinginan, meningkatkan kedinamisan kendaraan, serta menekan emisi CO2. Selain kondisi tersebut, katup udara selalu tertutup.

Masuk ke dalam, BMW 7 Series hadir dengan desain interior elegan dan telah dilengkapi dengan ornament kayu pada beberapa bagian seperti konsol tengah. Interior BMW juga menawarkan kapasitas kabin luas.

Pada bagian mesinnya, BMW 7 Series dipersenjatai oleh mesin bensin BMW TwinPower Turbo empat-silinder double-vanos, high precision injection serta transmisi steptronic delapan-percepatan. Dengan kapasitas mesin mencapai 1.998cc, mobil dapat melesat dengan tenaga hingga 258 hp serta torsi mencapai 400 Nm. Dengan mesin ini maka BMW 7 Series mampu bergerak dari -100 kpj hanya dalam waktu 6,2 detik.

Untuk mendukung pengendaraan, BMW 7 Series menggunakan 2-axle self leveling sebagai standar untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Suspensi tersebut didukung oleh udara dari kompresor bertenaga listrik dengan reservoir tekanan. Ketika mesin dimatikan, tinggi kendaraan disesuaikan agar tetap pada level konstan.

Selain itu, BMW 7 Series telah dilengkapi dengan fitur automatic tailgate, automatically dimming rear view and exterior mirrors, kontrol iklim 4-zona otomatis, Harman Kardon surround sound speaker dan park distance control dengan kamera rear-view. BMW 7 Series juga telah dibekali Adaptive LED Headlights dengan BMW Selective Beam, fungsi lampu jauh anti silau serta fungsi active cornering.

Namun, meski sudah resmi diluncurkan di Indonesia pelanggan belum bisa mendapatkan BMW 7 Series dalam waktu dekat. Hal ini karena masih dalam tahap produksi. BMW Group Indonesia memastikan jika konsumen baru bisa meminang sedan ini mulai tahun depan. [Amo/Ikh]


Komentar