Fotografi Membuat Hidup Budi Nur Mukmin Lebih Berwarna Share this

Fotografi Membuat Hidup Budi Nur Mukmin Lebih Berwarna

Denny Basudewa
pada 27 September 2016

JAKARTA – Menekuni hobi merupakan hal sulit dilakukan bagi seseorang yang memiliki segudang kesibukan. Seperti Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

Namun berkat ketekunan dan keinginan yang kuat, pria akrab disapa Budi itu pun mulai menjalani hobi fotografi. Ia memulai menekuni hobi tersebut tatkala kamera sakunya rusak. Canon G11 yang rusak tersebut membuatnya berpikir untuk mengganti kamera baru yang lebih "serius". Pilihannya kemudian jatuh pada Canon 600D, yang Ia beli di Jepang saat perjalanan dinas pada 2012.

Melalui internet, Budi mulai mendalami teknik fotografi lebih jauh. Namun hal tersebut tidak membuatnya puas tanpa praktek. Hasil jepretan Trey Ratcliff menjadi sumber inspirasi dirinya dalam menekuni salah satu hobi mahal tersebut bagi sejumlah orang.

Budi Nur Mukmin Foto diambil di Prancis

Setelah selesai dinas dari luar negeri, Ia memiliki waktu lebih untuk mengekplorasi hobi fotografinya. Selain membidik objek bagus, traveling ke berbagai daerah memberikan kesenangan tersendiri baginya.

Hal tersebut selaras dengan pekerjaan yang ditekuninya selama ini. Sebagai General Manager NMI, Ia mulai bisa menekuni hobinya selama ini. Tidak hanya mengabadikan gambar nan eksotis, dirinya juga bermaksud untuk mengenalkan keindahan alam Indonesia kepada khalayak ramai.

Berlokasi di Odabai Hasil jepretan Budi di Odaiba

Setiap hasil jepretan kameranya selalu diposting di berbagai jejaring sosial pribadinya. Hasilnya cukup membanggakan karena ternyata banyak komentar positif dari para kerabat. Hal ini membuatnya kian semangat dalam menekuni salah satu hobinya tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, Budi membuat sebuah blog bernama The Tiny Travellers. Di sana, Ia bercerita tentang indahnya alam Tanah Air melalui bidikan kamera. Instingnya semakin kuat dalam menemukan objek yang menarik.

Budi Nur Mukmin Hasil foto di kota Kudus-Semarang

Hingga salah seorang kerabatnya menyarankan dirinya untuk membuat sebuah buku. Kecintaannya akan arsitektur rumah ibadah khususnya Masjid, mendorong dirinya untuk menerbitkan sebuah buku berjudul Jejak Sujud Pengelana.

Kini seorang Budi Nur Mukmin tidak hanya dikenal sebagai manajer yang lihai membahas mobil penumpang, namun kini Ia dikenal sebagai fotografer terkenal. Hasil karyanya dapat dinikmati semua orang dan bisa menjadi inspirasi semua orang yang memiliki hobi traveling sekaligus fotografi. Menurutnya menekuni hobi dapat membuat hidupnya lebih berwarna. [Tim OS]

Penulis: Dewa Basudewa

Videografer: Amos Arya

Lokasi: Masjid Istiqlal, Jakarta


Komentar