Demi Gelar Raja, Modifikasi Honda Jazz Ini Telan Dana Rp 500 Juta

deny kristianto
Honda Jazz karya Deny Kristianto

JAKARTA – Deny Kristianto berhasil menyabet gelar King of Jazz pada ajang modifikasi Honda Jazz Tuning Contest 2016.

Ketekunannya memodifikasi Honda Jazz berbuah hasil, selain sebagai “raja”, mobilnya juga memperoleh 7 gelar kategori berbeda dalam kontes modifikasi yang digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) di Jakarta akhir pekan lalu.

Pria asal Surabaya itu menawarkan Honda Jazz RS 2015 dengan nuansa street racing . Adapun lama proses pengerjaan memakan waktu hampir satu tahun. Untuk mewujudkan niat dan keinginanya, Deny menghubungi bengkel modifikasi R.v.S di Surabaya .

Untuk diketahui, mobil andalannya ini belum pernah mengikuti kontes modifikasi dan ini merupakan yang pertama kalinya mobil kesayangannya menampakkan diri.

Pada bagian ekterior, ubahan pertama pada bagian depan. Setelah itu penerapan wide body agar sesuai untuk menyematkan lingkar roda work meister 3pcs MGM colour spesial order 19″ serta penambahan body kit. Untuk body disiram dengan cat oranye setelah sunroof merek webasto berukuran besar terpasang dengan ciamik.

Tak puas, Deny menambahkan bahan serta karbon pada spoiler, cover fender, pegangan pintu, antena, pilar pintu, spion hingga menggusur kap asli bawaan pabrik dengan bahan serta karbon. Cara buka kap mesinnya berubah. Menurutnya, tidak mengalami kesulitan menjalani modifikasi bagian ini.

Nah, guna memperkuat konsep street racing, Deny mengubah dua pintu depan yang kini menerapkan pintu gullwing. Namun, cara itu tidak berlaku untuk dua pintu belakang.

Kaki-kaki

Kaki-kaki menggunakan D2 air suspension bersanding dengan lingkar roda custom, set sistem pengereman Altech.

Interior guna menambah kepuasan berkendara

Interior mendapat sentuhan lebih sporty berkat penggunaan jok depan dan belakang tipe bride cuga carbon dipadukan seatbelt dari Takata dan rollbar di sekeliling interior.

Di samping itu, panel interior pun dilapisi dengan bahan serta karbon tepatnya pada doortrim dan atap sehingga jauh lebih menarik. Pada bagian tengah terdapat dua tabung NOS untuk menambah performa mesin.

Hatchback lansiran merek Jepang ini juga dilengkapi dengan berbagai sistem audio meliputi 3-speaker Cubig di bagian depan, sedangkan pada bagasi dipasang 2-speaker Cubig di bagian belakang, 2 Power Cubig 4ch, Power Cubig 2ch, 2 subwoofer Cubig 12′ dan 2 layar monitor sebesar 7″.

Ubahan mesin

Beralih ke bagian mesin, Deny menggunakan turbo kit custom dari Tune-R, open filter HKS, oil catch tank D1, pivot raizin volt stabilizer, custom strutbar dari R.v.S dan blow off HKs.

“Yang menjadi salah satu favorit saya yaitu pada bagian velg dan body kit. Khusus untuk velg saya memesan langsung dari Jepang. Ini merupakan pertama kalinya saya mengikuti kontes modifikasi dan tidak menyangka bisa membawa gelar sebanyak ini. Saya berharap tahun depan acara ini dapat diadakan lagi di berbagai kota,” tutur Deny Kristianto, King of Jazz Tuning Contest 2016.

Total biaya yang dikucurkan kisaran Rp 400 – Rp 500 juta. Alhasil mobilnya sukses mengalahkan 9 kontestan lain. Deny memastikan akan mengikuti kontes-kontes lain di tahun depan dengan menggunakan konsep berbeda. Penasaran? Tunggu hasil kreasi Deny berikutnya. [Amo/Ikh]