Pop.Up, Angkutan Masa Depan Unik

GENEVA – Airbus dan Italdesign berkolaborasi untuk menghadirkan kendaraan masa depan yang canggih.

Perusahaan penerbangan asal Prancis Airbus, berkolaborasi dengan Italdesign untuk mengembangkan sebuah konsep moda transportasi masa depan nan unik. Dikatakan unik karena berbentuk kapsul bertenaga listrik namun mampu terbang dengan layaknya sebuah drone.

Hasil kerjasama antara kedua belah pihak ini dinamakan Pop.Up dan pertama kali dikenalkan di pameran otomotif Geneva Motor Show 2017. Kendaraan tersebut tampil memukau para pengunjung dengan keunikannya tersendiri.

Pop.Up memiliki tiga bagian yang terdiri dari ground modul yang berbentuk seperti papan skateboard. Pada bagian ini tertanam baterai penggerak kendaraan dan rangka yang terbuat dari karbon fiber.

Selanjutnya merupakan kabin berbentu kapsul yang mampu mengangkut dua orang penumpang. Bagian ini memiliki dimensi panjang 2,6 meter, tinggi 1,4 meter dan lebar 1,5 meter. Kabin ini juga terbuat dari bahan karbon fiber.

Bagian selanjutnya adalah rotor pesawat atau air module. Terdiri dari delapan propeller yang bertugas membuat kabin mampu terbang hingga tempat tujuan. Bagian ini dibuat oleh Airbus yang telah berpengalaman dalam bidang alat transportasi udara.

Pop Up
Kendaraan Masa Depan Pop.Up

Cara kerja Pop.Up sendiri layaknya konsumen memesan moda transportasi online pada umumnya. Dengan menggunakan aplikasi Pop.Up, konsumen terlebih dahulu menentukan destinasi. Kemudian sistem akan memberikan saran untuk mode perjalanan terbaik (darat atau udara).

Penumpang akan dijemput lalu melakukan perjalanan. Dalam perjalanan darat, jika kendaraan menemukan situasi seperti macet maka kapsul akan diangkat oleh propeller dan melanjutkan perjalanan udara hingga tempat tujuan.

Seluruh perjalanan baik udara maupun darat dilakukan oleh sistem (otonom). Setelah perjalanan selesai, maka unit tersebut akan kembali ke tempat pengisian baterai (terminal) dan menunggu perjalanan selanjutnya.

Kendaraan seperti ini adalah jawaban dari hiruk-pikuknya jalanan di kota besar. Meskipun masih berupa kendaraan konsep, namun transportasi tersebut sangat menarik jika menjadi kenyataan. [Dew/Ikh]