Mesin Honda CR-V 1.5-liter Turbo Serupa dengan Civic Turbo Share this

Mesin Honda CR-V 1.5-liter Turbo Serupa dengan Civic Turbo

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 29 April 2017

Foto: Koji Hirano, Assistant Large Project Leader of all-new Honda CR-V Honda R&D Co., Ltd Automobile R&D Centre

JAKARTA - All-new Honda CR-V 7-seater cukup mengagetkan pelanggan Honda di Indonesia. Kehadiran SUV ini dikabarkan untuk menghindari pajak dari yang sebelumnya 20 persen jadi 10 persen.

Diluncurkan di arena pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, SUV Honda CR-V 7-seater tersedia dalam dua tipe yaitu all-new Honda CR-V 1.5-liter Turbo dan all-new Honda CR-V 1.5-liter Turbo Prestige. Menariknya, gudang mesin SUV ini ternyata serupa dengan mesin Honda Civic Turbo.

Koji Hirano, Assistant Large Project Leader of all-new Honda CR-V Honda R&D Co., Ltd Automobile R&D Centre mengingatkan, ada persamaan komponen untuk menekan biaya produksi secara global. Dan ini tidak bisa dihindari. Sebaliknya konsumen di Indonesia dikompensasi dengan berbagai macam fitur baru berkat penurunan pajak itu.

Detailnya sendiri, mesin all-new Honda CR-V 1.5-liter Turbo dijejali komponen baru guna mendukung pendukung kinerjanya, sebut saja telah mengadopsi piston milik Honda Civic Type R dan komponen turbonya sendiri kini menggunakan 9 fin, sementara Civic Turbo mengandalkan 11 fin. Hal ini meningkat pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin saat proses pembakaran.

"Untuk tingkatkan tenaga mesin all-new CR-V 1.5-liter itu dilakukan ubahan dari struktur turbonya. Ini perbedaanya adalah fin. Civic adalah 11 fin dikurangi menjadi 9 fin pada CR-V. Improvement lain, kami terapkan piston dari Honda Civic Type R" kata Hirano-san.

Dengan begitu, mesin 1.5-liter Turbo pada all-new CR-V mampu menghasilkan tenaga 190 PS di 5.600 rpm dan torsi 240 Nm mulai 2.000-5.000 rpm. Sedangkan mesin 1.5-liter untuk Civic Turbo menyemburkan power 173 Ps pada 5.500 rpm dan torsi 220 Nm mulai 1.700 – 5500 rpm.

Bahkan kemampuan mesin all-new Honda CR-V 2.0-liter harus tertunduk karena hanya mampu menyemburkan tenaga 154 PS. Dihasilkannya tenaga lebih besar pada all-new Honda CR-V 1.5-liter Turbo juga dampak dari mapping baru guna "mengangkut" bobot yang mencapai 1.649 kg. Alhasil power-to-weight ratio-nya cuma 8,68 kg/PS.

HPM belum tertarik pasarkan Honda CR-V diesel

Jonfis Fandy, Direktur Marketing & Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menegaskan bahwa pihaknya masih belum bersedia memasarkan Honda CR-V 1.6-liter diesel. Alasannya karena ketersediaan bahan bakar diesel berkualitas belum cukup efektif.

Menurut Jonfis, harga solar tidak terpaut jauh dengan harga bensin. Bahkan soal efisiensi bahan bakar pun tidak lebih irit dari mesin bensin. Menawarkan mobil diesel artinya bisa mengorbankan kenyamanan konsumen terlebih saat pemiliknya tidak rutin membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perawatan berkala. [Ikh]


Komentar