ART Gandeng Tuner Asal Jerman Share this
Modifikasi
Mode baca

ART Gandeng Tuner Asal Jerman

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 29 April 2017

Foto: Booth Auto Racing Technik di JIExpo Kemayoran, Jakarta (Foto: Amos)

JAKARTA - Auto Racing Technik (ART) menggandeng tuner asal Jerman, Manhart Performance. Pengumuman kerjasama ini dilakukan di sela-sela Indonesia International Motor Show 2017 yang tengah berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Hans Sungkono mengatakan, kehadiran Manhart Performance divisi ART diharapkan bisa memuaskan para penggila modifikasi dalam negeri, terutama urusan mongoprek mobil asal Eropa dan ciri khasnya adalah engine swap.

"Manhart Performance sudah tidak asing lagi di dunia modifikasi. Berdiri sejak 31 tahun silam tentu akan memberikan pilihan tuning terbaik untuk konsumen. Faktanya rumah modifikasi ini termasuk dalam tier satu soal kualitas upgrade performa mobil yang setara dengan pengerjaan in-house tuner BMW," kata Hans.

Manhart Performance dianggap bisa melayani pemilik mobil Eropa khususnya Jerman di Indonesia dalam hal meracik mesin berkapasitas besar agar lebih bertenaga. Di samping urusan mesin, divisi ini juga meladeni upgragde pada bagian chassis, mapping ECU, pengereman, suspensi dan lingkar roda sampai aerodinamika kendaraan.

Dalam kesempatan ini, ART menghadirkan Adam Radowski, Technical Director Manhart Performance. Menurutnya fokus utama mereka adalah kualitas setara dengan mobil keluaran mesin. Jadi tidak hanya mengandalkan kekuatan, tapi mengutamakan kenyamanan agar mobil bisa digunakan sehari-hari (daily use).

Adam sedikit berbagi pengalaman jika karya pertama mereka adalah Manhart MH3 550 CSL RHD (right hand drive. Mobil tersebut menggunakan basis BMW M3 E46 CSl keluaran 2003.

Mobil langka hanya dibuat 1.400 unit di dunia itu mengalami modifikasi dengan menggabungkan dua sistem berbeda (chassis dan mesin berbeda generasi) tanpa menggusur fitur dan fungsi sebelumnya. Jantung penggeraknya sendiri menyodorkan mesin kode S85 V10 5.0-liter (milik BMW M6) menyemburkan power 550 hp.

"Pada mobil ini, kami memaksimalkan performa mobilnya tanpa menanggalkan unsur kenyamanan dan keamanan layaknya mobil harian," tutup Adam. [Ikh]


Komentar