Toyota Buat Perusahaan Khusus Produksi Mobil Listrik Share this

Toyota Buat Perusahaan Khusus Produksi Mobil Listrik

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 18 November 2016

Foto: Seorang pekerja di pabrik Toyota

TOYOTA CITY - Toyota Motor Corporation (TMC) kian gencar merancang mobil listrik untuk menyambut masa depan yang datang lebih cepat. Buktinya Toyota mengumumkan untuk mendirikan perusahaan patungan baru di Jepang khusus mengembangkan mobil listrik (electric vehicles/EV).

Perusahaan-perusahaan yang tergabung itu adalah Toyota Motor Corporation, Toyota Industries Corporation, Aisin Seiki Co., Ltd. dan Denso Corporation. Sementara itu, TMC akan memegang kendali penuh perusahaan tersebut.

Perusahaan otomotif asal Jepang dengan khas Tiga Oval itu telah memprediksi bawah mobil listrik akan berkembang pesat di muka bumi. Dan terbentuknya perusahaan baru ini untuk menanggapi permintaan konsumen nanti.

Keterangan resmi Toyota, perusahaan baru patungan itu akan diluncurkan pada Desember 2016 di Jepang dengan nama masih dirahasiakan.

Dalam pengembangan mobil listik, perusahaan ini akan menyerap teknologi dan sumber daya dari Toyota Group dan melaksanakan proses kerja yang tidak konvensional, lebih cepat dengan demikian pasar lebih cepat menerima mobil listrik.

Selama ini, Toyota terus mengenalkan mobil ramah lingkungan ke penduduk dunia seperti hybrid, plug-in hybrid vehicles, fuel cell vehicles (FCVs), EVs dan lain. Selain teknologinya ramah lingkungan, Toyota kerap menyuguhkan keamanan dan kenyamanan setara mobil bensin. Tak menutup kemungkinan Toyota menyediakan teknologi otonom pada deretan mobil ramah lingkungan mereka.

"Selama beberapa tahun terakhir kami telah memposisikan sebagai perusahaan yang akan memperkuat di segmen ini. Untuk mengantisipasi ini, kami telah mengambil langkah-langkah dengan mendirikan Toyota Research Institute. Dan Daihatsu sebagai anak perusahaan telah sepenuhnya mulai bekerja untuk menjalankan perusahaan untuk memproduksi compact car untuk negara berkembang," kata Akio Toyoda Presiden TMC.

Salah mobil listrik populer lansiran Toyota adalah iQ EV. Mobil ini didesain khusus untuk berkendara di dalam kota karena memiliki panjang 3120 mm atau lebih panjang 135 mm dari Toyota iQ. Sementara lebar (1680 mm), tinggi (1505 mm) dan wheelbase 2000 mm Toyota iQ EV sama dengan Toyota iQ. Radius putarnya minim 4,1 meter.

Toyota iQ EV terlihat pertama kali sebagai Toyota FT-EV III Concept di Tokyo Motor Show 2011.

Model produksinya dilengkapi satu motor listrik daya 47 kW. Akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 14 detik dengan kecepatan maksimal 125 kpj. Klaim Toyota Mobil dapat menjelajah hingga 85 km. [Ikh]


Komentar