Mitsubishi Pajero Sport Dianugerahi Forwot Car of the Year 2016 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mitsubishi Pajero Sport Dianugerahi Forwot Car of the Year 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 22 September 2016

Foto: Forwot Car of the Year 2016

JAKARTA - Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) mengumumkan Car of the Year 2016. Mobil terbaik versi wartawan otomotif Indonesia tahun ini direbut oleh Mitsubishi Pajero Sport.

Intan Vidia Sari, Head Of MMC Public Relation Department PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) mengatakan, "Kami tidak menyangka menerima penghargaan bergengsi tahun ini. Sejak diluncurkan awal 2016, antusiasme masyarakat pada Mitsubishi Pajero Sport cukup baik. Kami sangat berterima kasih atas penghargaan dari rekan-rekan wartawan otomotif."

Pada penyelenggaraan tahun ini, FCY berhasil menyaring 28 mobil terbaik di Indonesia dari 16 Agen Pemegang Merek (APM) yang ada di Indonesia. Mobil-mobil tersebut merupakan model benar-benar baru (all-new) yang diluncurkan pada periode Agustus 2015 - Juli 2016.

Masuk sebagai lima finalis FCY 2016 adalah Chevrolet Trax, Honda Civic, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Kijang Innova dan Toyota Sienta.

Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT menyebutkan, proses penjurian masih tetap mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Indonesia

"Ada 25 juri dari jurnalis otomotif di Indonesia yang dilibatkan untuk proses pemilihan FCY 2016. Para juri memilih mobil terbaik dengan cara polling dan penilaian scoring yang ketat," kata Indra, Kamis (22/9/2016).

Sedikit berbeda pada tahun ini, FCY melibatkan seluruh anggota FORWOT dalam mencari lima mobil terbaik dari 28 model yang memenuhi persyaratan. Kelima mobil terbaik kemudian melalui proses penjurian untuk memilih satu mobil terbaik, dengan sistem pengumpulan poin.

Gede Widiastra selaku Ketua Juri FCY 2016 menuturkan, Pajero Sport sebagai FORWOT Car of the Year 2016 mendapat total nilai 189,5 poin. Pajero Sport sukses mengungguli Kijang Innova dengan 140 poin, Civic 126,5 poin, Sienta 90 poin dan Trax 79 poin.

Indra melanjutkan, FORWOT Car of the Year diharapkan mampu memberikan sumbangsih kepada para pelaku industri otomotif Nasional sekaligus menjadi panduan bagi segenap konsumen otomotif di Tanah Air.

FCY yang digelar untuk keenam kalinya ini turut didukung oleh Pertamina Lubricants dan GT Radial.

Forwot Car of the Year 2016 5 Finalis Forwot Car of the Year 2016

Tentang FORWOT Car of the Year

FORWOT Car of the Year merupakan pemilihan mobil terbaik yang dilakukan oleh para jurnalis otomotif yang bernaung di bawah payung Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yang telah dilaksanakan sejak 2009.

Untuk menentukan satu pemenang FORWOT Car of the Year, dewan juri berasal dari 25 wartawan otomotif berbagai media Nasional yang bekerja keras memilih dari 5 finalis FORWOT Car of the Year setelah disaring dari jumlah total mobil baru (all new) yang dipasarkan di Indonesia dalam periode waktu tertentu yang telah ditentukan dewan juri.

Lima finalis dari nominator yang ada dipilih berdasarkan voting, yang kemudian dari hasil lima finalis FORWOT Car of the Year ini, setiap juri memilih kembali mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan di bidang otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri (system scoring), setiap juri mendapat bekal 25 point yang harus dihabiskan untuk memilih mobil terbaik dari lima finalis FORWOT Car of the Year. Pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi.

Ada pun kriteria penjurian adalah Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental requirement, Driver Satisfaction, dan Price. Selain itu tentu saja preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap mobil berdasarkan liputannya, seperti perkenalan produk, media test drive, dan lain-lain. [Ikh]


Komentar